Percy Jackson & The Olympians : The Lightning Thief

Buku pertama dari lima seri Percy Jackson . Gue dapet buku ini dari adik gue yang entah bagaimana caranya membaca kelima serinya hanya dalam waktu sekitar satu minggu , entah karena bukunya ngga terlalu tebel seperti novel-novel Dan Brown atau memang karena ceritanya yang menarik. Karena penasaran akhirnya gue juga terjun ke novel yang ceritanya berhubungan sama dewa-dewi dari Olympian ini.

Kenapa ngga langsung nonton filmnya padahal filmnya udah lama keluar bahkan dvd bajakan versi bagusnya juga sudah beredar di toko dvd terdekat ? Karena belajar dari pengalaman dan desas desus orang-orang , bahwa film apapun yang diadaptasi dari buku atau dalam hal Percy Jackson ini adalah sebuah novel , filmnya ngga akan sebagus bukunya. Gue juga cukup kecewa dari beberapa film adaptasi novel seperti beberapa film Harry Potter dan serial Twilight yang ngga menyampaikan dengan pas maksud sang pengarang di novelnya . Kelemahan lain dari sebuah film adatasi novel adalah terkadang ada hal-hal yang kita tunggu di filmnya malah ngga muncul (tapi kelemahan ini muncul tentu saja kalau kita udah ngebaca novelnya) . Jadi berdasarkan pertimbangan-pertimbangan itulah gue memutuskan membaca novelnya terlebih dahulu, baru nanti belakangan memutuskan bakal menonton filmnya atau ngga.

Percy Jackson atau nama aslinya adalah Perseus Jackson merupakan anak perkawinan silang antara seorang dewa dan seorang manusia. Hal itu menjadikannya lebih istimewa dari manusia biasa namun lebih lemah dari dewa sesungguhnya. Akibat hal tersebut , banyak monster-monster dari dunia bawah yang berusaha memusnahkannya karena dagingnya selezat dewa tapi kekuatannya ngga sebesar dewa. Keadaan memburuk ketika ia berlibur dengan ibunya namun ternyata ia dikejar oleh seekor Minotaurs yang berusaha membunuhnya. Setelah diperingatkan oleh Grover , teman baiknya dan ternyata seorang satir , makhluk stengah manusia dan setengah kambing, akhirnya Percy lari menuju perkemahan blasteran , tempat teraman bagi seorang blasteran seperti dirinya (setengah dewa dan setengah manusia), ia selamat dari Minotaurs namun nasib ibunya kurang begitu beruntung.

Di perkemahan itu ia menemukan anak-anak yang senasib dengan dirinya , salah satunya adalah Annabeth , putrid dewi Athena. Konflik dimulai ketika Percy yang diketahui ternyata merupakan anak dari Posseidon, dituduh mencuri benda keramat milik Zeus , sebuah petir . Untuk memulihkan nama baiknya dan mencegah perang antara ayah (Posseidon) dan pamannya(Zeus) , Percy bersama sahabatnya Grover dan Annabeth pergi menjalankan misi ke dunia bawah , tempat tinggal Hades untuk mencari kebenaran. Namun selama menjalankan misinya Percy menyadari bahwa ada sesuatu yang janggal dalam misinya , ada sesuatu yang lebih berbahaya ketimbang Hades yang dicurigai memfitnah dirinya.

Percy Jacskon dikisahkan oleh sang pengarang Rick Riordan dengan cepat dan berapi-api . Ada kejutan-kejutan di tiap halamannya yang membuat ngga kerasa kalau novel yang gue baca ternyata udah mau habis. Tapi jangan anggap membaca novel ini adalah kiasan dari sejarah dewa-dewi Olympia , menurut pendapat gue pribadi lebih baik kalau menganggap ini fiksi , soalnya ya memang ini novel fiksi ,walaupun pemerannya berasal dari mitos-mitos Yunani jaman dulu , karena nantinya lo bakal bingung sendiri mana yang asli mitos , mana yang rekaan pengarangnya kalo lo terlalu serius menanggapi ceritanya.

Overal novelnya menarik , bikin ngga sabar buat tau kelanjutan kisah si Percy dkk di bab selanjutnya ketika membacanya. Novelnya juga ngga terlalu serius , sesekali ada komedi komedi yang terselip di dialog antar tokohnya . Gue rekomendasiin novel ini , mumpung sekarang lagi jaman-jamannya liburan , cocok buat nemenin lo disaat senggang . Sangat boleh dikoleksi buat nemenin Harry Potter , Nicholas Flamel , atau The sparkle vampire Edward Cullen di rak buku lo . Enjoy the story ..

Writer : Rick Riordan

Penerbit : Mizan Fantasi

Tebal : 454 Halaman

Rating gue : 7.5 / 10

One thought on “Percy Jackson & The Olympians : The Lightning Thief

  1. Pingback: Percy Jackson and The Olympians : The Lightning Thief « gue review !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s