Oceans

Lautan . Oceans . Sebuah film documenter tentang makhluk hidup yang ada di laut , bukan tentang lautnya itu sendiri . Plotnya unik . Ngga seperti film-film atau tayangan documenter tentang hewan lainnya yang biasanya sudut pandangnya berasal dari sudut pandang manusia atau sang narrator. Oceans diceritakan dari sudut pandang seekor penyu (yang di dubbing oleh narrator juga sih sebenernya) yang menjelajahi lautan untuk menemukan suatu daratan yang menjadi tempat melahirkannya.

Dalam penjelajahannya itu , sang penyu ‘memperkenalkan’ teman-temannya dan juga musuh-musuhnya di lautan. Mulai dari lumba-lumba, berbagai macam jenis ikan hiu dan paus, kuda laut , dan banyak jenis makhluk hidup laut lain yang ditunjukkan di film ini. Hanya saja sayang idak dijelaskan dimana si penyu bertemu dengan teman-temannya itu (walaupun itu sudah pasti di laut).

Selain tidak jelasnya setting sang penyu berenang, menurut gue kekurangan film ini adalah sangat sedikit informasi yang bisa didapat dari film documenter ini. Biar lebih jelas coba gue kasih contoh , jadi si penyu berbicara : “Wow , apa itu , oh ya ini daerah yang berbahaya(dimana gue ga tau nyu?) , tempat tinggal hiu kepala palu , berat mereka kurang lebih xx kg dengan panjang bisa mencapai  x meter”.  See? hanya jenis ikan , berat badan , dan panjang badan saja yang bisa kita ketahui , sangat disayangkan padahal gue pribadi berharap dengan menonton film ini bakal ada informasi yang benar-benar baru yang belum gue tau.

Tapi dibalik kekurangannya, menurut gue film ini juga punya kelebihan. Kualitas gambarnya sangat bagus , ngga seperti di NGC atau Discovery Channel yang menurut gue kalo ngambil gambar di laut binatangnya kurang keren ke shootnya, misal hiu yang keliatan cuma moncongnya , paus yang keliatan cuma ekornya, menurut gue si makhluk lautnya kurang eksis. Tapi kalo di Oceans, sang paus atau hiu yang jadi bintang filmnya ngga perlu berkecil hati , karena mereka semua di take gambarnya dengan baik dan dari sudut pandang yang bagus pula , jadi bikin yang nonton terkagum-kagum. Oh ya ada satu lagi yang unik di film ini , setiap ada paus yang muncul (apapun jenisnya) , si cameraman film ini pasti akan menyorot mata si paus dan gerakannya akan menjadi slow motion , ngga tau maksudnya apa . Biar dramatis atau biar si pausnya keliatan cool ya ?

Buat yang bosen nonton film-film hollywood dan mau cari suasana lain , dn juga yang mau lebih tau tentang makhluk apa sajakah yang hidup di lautan di bumi ini , Gue saranin nonton film ini , selamat menonton !

Narrator : Mariolo Garcia

Director : Jaques  Perrin

Rating gue : 7/ 10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s