Killing Me Inside (Self Titled)

Kalo lo adalah penggemar band ini , pasti lo udah lama nunggu keluarnya album kedua Killing Me Inside(Killms) ini . Dengan 3 personil , Killms siap menggebrak kembali dunia musik tanah air . Dengan formasi yang baru , gue pribadi mengharapkan adanya materi baru yang mereka masukkan di  album ini. Pertama gue mau ngomen cover albumnya dulu , album yang berisikan 12 tracklist ini menurut gue cover albumnya terlalu sederhana , hitam putih pula. Mungkin tujuannya ingin memperkenalkan formasi teranyar Killms , tapi menurut gue tetep aja art covernya kurang.

Dibuka dengan intro , kemudian dua lagu teranyar mereka yang sudah ramai terdengar di radio-radio dan juga sudah lama terpasang di myspace mereka , Moving On dan Tanpa Dirimu bergantian dimainkan. Khusus untuk lagu Moving On sound yang dipakai sangat Killms . Nuansa rock yang kental diselingi dan Scream yang memang sudah menjadi ciri mereka sejak album pertama. Untuk lagu Tanpa Dirimu, sound yang dipakai agak berbeda dari biasanya dan temponya lebih lambat. Di lagu ini ngga terdengar scream-scream yang mungkin sudah menjadi trademark dari Killms .

Lanjut ke lagu selanjutnya ada Come On Girl We’ll Burn Money On Vegas , Forever , Don’t Look Back , dan Blessed By The Flower Of Envy yang merupakan lagu-lagu yang sudah ada di album sebelumnya. Walaupun lagunya sama , ada hal yang berbeda di lagu-lagu tersebut. Yang berbeda tentu saja adalah vocal yang sekarang diisi oleh Onad yang menggantikan Sansan . Walaupun kalau didengar karakter vocal mereka sama , tetapi vocal Onad lebih tinggi.  Lagu-lagu tersebutpun terdengar berbeda karena di remake ulang sehingga terdengar lebih rapih, disini menurut gue Killms mengalami kemajuan dalam proses mixing dan mastering lagu-lagunya.

Kemudian yang selanjutnya , baru terdengar dua lagu baru yang baru bisa didengar di cd ini , Biarlah dan Kamu. Buat yang udah ngikutin Killms dari lama mungkin akan sedikit heran dengan sound yang dipakai di dua lagu ini. Ngga ada Scream yang biasa terdengar , lagunya juga terkesan lebih nge-pop. Alih-alih mendengar raungan distorsi , di kedua lagu ini yang dipakai adalah gitar akustik sehingga sound yang keluar juga menjadi lebih lembut. Mungkin Killms ingin mencoba menggunakan sound-sound baru di dalam lagu mereka , tapi yang terjadi malah karakter mereka selama ini seolah hilang. Gue juga ngeliat di salah satu fanpage mereka, beberapa fansnya kecewa dengan lagu barunya . Untuk lagu Biarlah rencananya akan dibuat ulang dan akan dinyanyikan duet bareng Luna Maya.

Lanjut ke lagu selanjutnya , Tormented yang juga udah ada di lagu sebelumnya terdengar. Ngga ada yang spesial sih menurut gue , lagunya sama kaya lagu di album sebelumnya dan ngga ada inovasi , yang berbeda hanya pergantian vocal yang sekarang diisi Onad.

Untuk dua lagu terakhir adalah versi akustik dari Moving On dan Tanpa Dirimu . Dengan menggunakan piano dan beberapa instrumen lain , versi akustik dari lagu-lagu tersebut mengalun dan mengakhiri album ini. Terdengar juga backing vocal yang diisi Ruday (ex. Thirteen) di kedua lagu tersebut.

Oke , secara keseluruhan gue ngga terlalu takjub sama album ini. Kenapa? karena ternyata album ini kebanyakan lagunya cuma remake dari lagu-lagu yang udah ada di album pertama. Lebih cocok album ini disebut album repackage daripada album baru. Kemudian untuk lagu barunya , karakter Killms nya seolah ngga ada , dengan sound yang baru , apa yang mereka bangun di album pertama seperti hilang dan musiknya seolah diarahkan untuk komersil. Mungkin alasan Killms membuat lagu seperti itu adalah mereka ingin meningkatkan skill musik mereka seperti yang mereka klaim di media atau juga mereka ingin memperluas atau mencoba sound yang belum pernah mereka pakai.

Artist : Killing Me Inside

Label : Crooz Record

Genre : Post Hardcore , Emo , Rock , Slow Rock

Rate : 7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s