Tips Menghindari Membeli Barang Bajakan

Malem semuanya, maaf sudah lama tidak muncul review di blog ini, harap maklum karena minggu-minggu kemarin gue fokus ke dunia akademis (sok-sokan belajar). Oke hari ini pun tidak ada review, tapi gue mau bikin suatu post agar (semoga) kita lebih menghargai orang-orang yang bekerja di dunia seni (khususnya film dan musik).

Barang bajakan , memang sulit melepas barang-barang tersebut dari kehidupan kita sekarang. Selain kualitasnya ngga beda jauh sama yang asli, harganya juga bisa miring semiring-miringnya dari harga originalnya. Contoh yang paling sering kita beli mungkin adalah dvd bajakan dan cd bajakan. Dengan harga Rp 5.000 kita bisa membeli satu dari kedua barang tersebut (ngga sampe satu dolar).

Buat menghilangkan barang bajakan agar ngga ada lagi pun ngga mudah. Sudah terlalu banyak uang yang berputar disitu dan sudah banyak orang yang bergantung pada barang bajakan. Jadi untuk mengentikan kegiatan ini gue akuin untuk sekarang sudah sangat sulit. Tapi tidak ada salahnya mencoba kan ?

Gue di sini punya beberapa saran biar kita berhenti atau setidaknya mengurangi konsumsi barang bajakan (terutama dvd film dan cd album musik). Oke ini dia ..

1.  Membeli aslinya , bukan yang bajakan

Memang konsekuensi dari yang satu ini adalah kita harus merogoh kocek lebih , masih keberata dengan saran ini ? silakan baca saran selanjutnya ..

2. Membeli dvd/cd saat harganya sudah di reprice

Di toko-toko dvd di Indonesia, hal ini sering banget terjadi kok. Bahkan dvd/cd yang di reprice ngga melulu film yang udah (sangat) lama atau film yang ngga laku.  Film bagus dan (agak) baru juga suka mengalami repricing . Untuk soal ini gue bisa jamin deh , soalnya gue juga suka ngelakuinnya. Sekedar info , buat dvd yang udah di reprice , harganya akan turun sampai sekitar Rp 39.000 /dvd dan vcd sekitar Rp 12.500 /buah.

3. Meminjam dvd/cd dari Rental

Nah , untuk yang ini , duit yang kita keluarin bisa jauh lebih sedikit lagi, kalo disekitar rumah gue, untuk minjem dvd , cuma perlu ngeluarin uang Rp 3.000 per dvd untuk 2 hari ,dan gue yakin di luar sana ada rental yang menyewakan dvd ori dengan harga yang lebih miring. murah kan ?

4. Meminjam dvd/cd asli dari orang lain (teman,pacar, ibu, kakak,dll)

nah kalo yang ini kita ngga perlu ngeluarin duit sama sekali kan?Tapi yang jelas kita harus ngerawat apa yang kita pinjem agar saat barang dikembalikan keadaannya sama kaya yang asli.

5. Menunggu Orang Lain Memberi kita dvd/vcd ori ..

Nah , kalo yang ini emang kita harus nunggu dengan harap-harap cemas.. Kenapa? Karena emang ngga setiap hari orang lain ngasih kita dvd/cd ori kan?haha..

Tunggu aja momen spesial misalnya kalo lo lagi ulang tahun , siapa tau tiba-tiba ada kiriman paket dvd ori sekardus penuh (ngarep)

******

Bah intinya, banyak cara buat kita mengurangi pembelian barang bajakan, gue bukan menggurui atau apapun, gue hanya sedikit menyarankan  agar kita mengurangi pembelian barang bajakan dan pada akhirnya menghentikannya. Gue juga pernah membeli bajakan , tapi hal tersebut sudah mulai gue coba hentikan. Mungkin efeknya ngga akan terasa kalau hanya beberapa orang saja yang melakukannya. Tapi kalo kita bergerak dalam jumlah yang besar, lambat laun akan terasa bukan ?

Ayo lebih hargai orang-orang yang sudah capek-capek bikin film/album. Hargai mereka dengan membeli barang aslinya🙂

Leave a Reply

