Pearl Harbor

Sekali-sekali lihat film lama boleh juga. Pengennya sih gitu ngomongnya , tapi alasana sebenernya gue nonton film ini adalah : Pertama , memang gue belom pernah sama sekali nonton Pearl Harbor (even it’s so last ten year movie). Kedua, gue nonton film ini juga ngga diniatin , tapi waktu itu gue lagi belanja di salah satu hypermart dan ngeliat di bagian dvd, ada film-film yang di reprice. Sebenernya film yang di reprice bukan ini aja, ada Harry Potter, Leap Year, dkk. Tapi ya itu tadi, ini film lama, dan gue belom pernah nonton. ya jadilah gue beli film ini biar ngga kalah gaul sama yang lain (idiot reason).

Oke , cukup soal alasan kenapa gue nonton film ini. Pearl Harbor adalah film drama-semifiksi-historis , ya kayanya begitu. Di satu sisi , film ini menceritakan bagaimana yang terjadi di Pearl Harbor ketika Perang dunia kedua berlangsung, di sisi lain, film ini juga nyuguhin drama yang terjadi pada dua orang anggota angkatan udara Amerika dan seorang perawat.

Film ini , secara pribadi gue membaginya menjadi 2 bagian. 1 jam pertama , kita bakal disuguhi drama, totally drama. bagaimana Rafe (Ben Affleck) bertemu Evelyn (Kate Beckinsale), persahabatan Rafe dan Danny (Josh Hartnett) sampai konflik antara Rafe dan Danny. Tapi setelah itu, sekitar 1-1,5 jam selanjutnya , film akan menjadi totally chaos. Pesawat jepang dimana-mana, rentetan tembakan, pangkalan laut di bom , kejar mengejar antar pesawat, dan aksi heroik 2 orang angkatan Amerika yang mengendarai pesawat tanpa amunisi tapi tetap bisa mengalahkan lebih dari 5 pesawat jepang  yang full equipment (stunning).

Untuk zamannya, Pearl Harbor tentu saja merupakan film yang mewah. Dengan teknologi visual efek yang belum berkembang saat itu, sang sutradara tentu saja harus bisa mengakalinya dengan sebaik mungkin (yang kebanyakan gue pikir dikerjakan secara manual).

Entah kenapa , film klasik selalu memiliki karakter khas nya tersendiri. Walaupun teknologi yang saat iu digunakan sangat sederhana. Tapi ngga mengurangi pesona yang dikeluarkan dari film-film klasik. Memang film klasik yang gue tonton belum banyak. Tapi film klasik (yang bagus tentu saja) selalu memikat. Untuk Pearl Harbor, entah kenapa gue kurang mendapatkan hal itu, film ini terasa seperti.. Titanic yang lebih menye-menye plus invasi Jepang ke Amerika

Mungkin sebagian dari anda sudah nonton film ini, tapi ngga ada salahnya nonton lagi kok, buat yang belom nonton cepetan tonton, i mean, everybody already watch it now ~

Director : Michael Bay

Cast : Ben Affleck, Josh Hartnett,Jennifer Garner,Cuba Gooding Jr.

Release : 2001

Rate (6/10)

One thought on “Pearl Harbor

Leave a Reply

