The Royal Tenenbaums

Keluarga Tenenbaum adalah keluarga disfungsional. Royal dan Etheline yang merupakan Mr & Ms Tenenbaum bercerai ketika ketiga anak-anaknya masih kecil. Keluarga ini memiliki tiga orang anak yang jenius dan memiliki bakat masing-masing . Chas (Ben Stiller) si bungsu memiliki bakat menjadi seorang pengusaha , sehingga ketika ia masih berusia belasan tahun , Chas sudah menjadi salah satu ahli keuangan yang kaya. Margot (Gwyneth Paltrow) , anak kedua , yang sebenarnya merupakan anak angkat , memiliki bakat sebagai penulis dan jugapenari balet , sedangkan si sulung Richie (Luke Wilson) , memiliki bakat untuk menjadi pemain tennis profesional. Seiring bertambahnya umur, akhirnya ketiga orang anak itu menjalani hidupnya masing-masing. Chas tinggal bersama kedua anaknya , Margot menikah dengan seorang psikolog tua , dan Richie meninggalkan karirnya sebagai petenis profesional untuk berkeliling dunia.

Setelah 22 tahun , akhirnya ketiga orang saudara yang terpisah itu akhirnya kembali berkumpul di rumah masa kecil mereka. Tapi hal itu bukan menjadi suatu hal yang menggembirakan , karena banyak masalah yang terjadi saat itu. Sang Ayah, Royal , juga berusaha memperbaiki hubungan dengan keluarganya , sampai-sampai ia berbohong sedang sekarat demi mendapatkan atensi dari keluarganya.

Untuk soal pemain , ngga perlu ditanyain lagi. Artis yang mendapatkan peran di film ini  pasti ada beberapa yang sudah kalian pernah lihat aktingnya. Mulai dari Ben Stiller, Owen Wilson, Luke Wilson sampai aktor-aktor lawas seperti Gene Hackman , Bill Murray , dan Danny Glover  beradu akting di film ini . Jadi soal kualitas pemain , untuk film ini hal tersebut ngga perlu dikuatirkan.

Dari segi cerita, film ini cukup menarik . etiap karakter memiliki konflik tersendiri namun di akhir cerita semua konfliknya terselesaikan dengan cara yang ngga dipaksakan. Yang cukup unik di film ini adalah bagaimana cara pengambilan gambarnya. Dari pengamatan gue , semua pemain yang sedang on screen , selalu diusahakan berada di center layar/screen. Memang ini menjadi suatu hal yang unik , tapi terkadang ketika sedang menonton filmnya, gue merasa layarnya menjadi sangat sempit (karena orang yang sedang berada di screen benar-benar berada di tengah dan mepet ke atas dan bawah layar).

Lalu satu hal lagi, entah kenapa saat gue menonton film ini , perasaannya sama seperti saat gue nonton film Fantastic Mr. Fox . Entah karena filmnya sama-sama ‘quite’ ato gimana yang jelas gue ngerasa seperti itu. Film ini ngga gue rekomendasiin buat lo yang suk superhero movies semacem Iron Man atau Spiderman . Gue rekomendasiin film ini buat yang suka film drama kehidupan (bukan percintaan) , dengan sedikit berpikir ketika kita menontonnya.

Director : Wes Anderson

Cast : Ben Stiller , Luke Wilson , Owen Wilson ,Gwyneth Paltrow , Gene Hackman , Bill Murray ,  Danny Glover

Release : 2001

Rate : 7,5/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s