Escape The Fate (Self Titled)

Tracklist :

1. Choose Your Fate

2. Massacre

3. Issues

4. Zombie Dance

5. Gorgeous Nightmare

6. City Of Sin

7. Day Of  Wreckoning

8. Lost In Darkness

9. Prepare Your Weapon

10. World Around Me

11. The Aftermath (The Guillotine Part III)

Setelah mengeluarkan dua full album dalam naungan minor label. Akhirnya di album yang ketiga ini , Escape The Fate (ETF) meluncurkan album barunya dibawah payung Interscope Record , salah satu label mayor yang terdapat di Amerika. Hal ini akan membuat ETF mengalami peningkatan dalam hal publikasi dan penyebarluasan albumnya. Oke itu dari sisi labelnya , bagaimana dengan albumnya sendiri ?

Dari cover , terlihat sangat murah dan sederhana. Nampak kuartet personil ETF dengan editan photoshop mejeng di cover album yang mereka namai dengan nama band mereka sendiri. Ide yang sama pernah gue liat digunakan oleh Bring Me The Horizon pada layout myspace mereka , yang juga pernah digunakan oleh band indie asal Jakarta , Soul Shoes , juga dalam layout myspace mereka. Jadi mudah diketahui kalau ide covernya sangat biasa saja.

Lalu dari segi pemasarannya, ada satu hal yang bikin gue bingung , kenapa original albumnya diluncurkan bersamaan dengan Deluxe Edition albumnya  (dengan cover album yang hanya berbeda warnanya) . Memang materi yang ditawarkan dari kedua album tersebut ngga jauh berebda , hanya saja pada album deluxe editionnya , terdapat tambahan 3 lagu yaitu : Liars And Monsters , The Final Blow , dan Issues yang sudah di (Remix by Ruxpin). Pake logika sederhana juga orang-orang akan membeli deluxe editionnya ketimbang original albumnya , walaupun harganya lebih mahal sedikit. Entah alasan apa yang membuat pihak label meluncurkan kedua jenis album ini secara bersamaan.

Lalu terakhir yang paling penting , tentang materi albumnya . Buat yang ngikutin ETF dari album pertamanya.  Jangan berharap album ini bakal kembali ke musik yang pernah mereka bawakan sebelumnya. Alih-alih bakal mirip lagu-lagu pada saat vokalisnya masih Ronnie Radke , mirip album sebelumnya (The War Is Ours) , yang vokalisnya sudah dipegang oleh Craig Mabbit pun tidak.

ETF keluar dari pakem Modern Rock yang mereka bawakan pada album kedua, dan terus menjauh dari nuansa Emo yang mereka tampilkan pada album pertama mereka. Di album ketiga ini ,mereka mencoba memainkan sound-sound baru bernuansakan musik metal yang pernah jadi hit pada tahun 80-90 an . Entah karena sebagian besar influence mereka berasal dari band-band yang pernah marak pada zaman itu , atau karen ETF ingin ikut loncat ke jalur yang lebih mainstream . Pola membuat lagunya juga cendrung monoton : verse , reff , verse , solo , reff ,selesai. Hampir semua lagu berpola seperti itu.

Ada beberapa lagu yang masih berkesan seperti album sebelumnya , diantaranya adalah Issues dan  Massacre . Di album ini juga terdapat lanjutan dari lagu The Guillotine dan The War Is Ours (The Guillotine II) yaitu The Aftermath (The Guillotine III). Secara keseluruhan memang albumnya ngga bisa dikatakan jelek , tapi untuk yang ngikutin ETF dari jaman vokalisnya Ronnie Radke , setidaknya akan berpikir atau meraksakan ETF telah sangat berubah.

Kabar terakhir yang beredar dari band ini adalah , Max Green sang bassis masuk panti rehabilitasi untuk memulihkan ketergantungannya terhadap obat-obatan dan alkohol. Akibatnya, ETF yang sudah punya jadwal manggung di eropa bersama Bullet For My Valentine membatalkan  turnya ke eropa. Hal ini sungguh ironis karena vokalis lamanya Ronnie Radke ,dikeluarkan dari band karena mengalami hal yang sama.

Artist : Escape The Fate

Genre : Rock , Ballad Metal , Classic Rock

Recommended Songs : Issues , Massacre , City Of Sin

Release : 2010

Website : www.escapethefate.com

Rate : 7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s