Pee Wee Gaskins – Ad Astra Per Aspera

Tracklist :

1. Dari Mata Sang Garuda

2. Dan Waktupun Menjawab

3. Satir Sarkas

4. Sebuah Rahasia

5. Jakarta Is A Mistake

6. To The Stars With All We’ve Got

7. Summer Thrill

8. Aku Bukan Musuhmu (feat. Heru Shaggy Dog)

9. Selama Engkau Hidup

10. Melihat Kedepan

11. Detik Tak Bergerak

Pee Wee Gaskins (PWG) akhirnya meluncurkan full album keduanya yang berjudul Ad Astra Per Aspera (or in English mean : To The Stars With All We’ve Got) . Dari cover, teknik penyajiannya masih sama dengan album pertamanya , masih berupa vektor , hanya saja kali ini semua personil PWG mejeng di covernya .

Dari sisi musikalitas , jelas terdengar kalo PWG mengalami peningkatan . Penempatan sound instrumen yang ngga melulu tumpang tindih , kemudian kali ini koordinasinyapun nampak lebih baik. Ngga ada lagi yang namanya sound gitar yang salah masuk atau pun gebukkan drum yang kecepetan. Ini menunjukkan PWG mengalami progress yang cukup signifikan di album keduanya. Variasi sound untuk synthesizernya pun untuk album ini menjadi lebih beragam seperti pada lagu Aku Bukan Musuhmu dan Summer Thrill , hal ini membuat lagu-lagu yang ada di album ini ngga terasa monoton .

Untuk materi lagunya , terasa PWG menjadi sangat nasionalis . Hal ini bisa dilihat dari jumlah lagu berbahasa Indonesia sebanyak 8 lagu , sedangkan lagu berbahasa Inggrisnya hanya 2 lagu saja. Entah karena ingin lebih terju ke dunia mainstream atau karena liriknya bakal lebih ngena kalo pake Bahasa Indonesia , yang jelas PWG terasa lebih “Indonesia” di album ini.

Di Album ini juga PWG mengajak musisi lain untuk berkolaborasi. Diantaranya Ucay Rocket Rockers yang menyumbangkan lagu Dan Waktupun Menjawab , dan juga Heru Shaggy Dog yang mengisi vokal pada lagu Aku Bukan Musuhmu. Khusus untuk lagu Aku Bukan Musuhmu , nada reff nya sangat mirip lagu Laskar Pelangi nya Nidji , entah kebetulan atau apa , yang jelas melalui akun twitternya @PWGofficial , ketika ditanya kenapa lagunya PWG dan Nidji  mirip , dijawab : “Semoga suksesnya juga sama “.

Yang jelas di album ini PWG hadir dengan lagu-lagu yang lebih hidup dan dinamis , mungkin sedikit banyak dipengaruhi oleh pertukaran personil dimana DOchi kini memainkan bass dan Ayi memainkan gitar. Lebih sarkas , lebih Indonesia , lebih rapih , itu yang gue dapet dari album kedua PWG ini . Yang belom beli cd nya segera beli deh , ngga rugi kok .

Artist : Pee Wee Gaskins

Genre : Poppunk , Powerpop

Recommended Songs : Dan Waktupun Menjawab , Selama Engkau Hidup , Jakarta Is A Mistake , Satir Sarkas

Release : 2010

Website : www.peeweegaskins.net

Rate : 7,5/10

One thought on “Pee Wee Gaskins – Ad Astra Per Aspera

  1. Pingback: Tweets that mention Pee Wee Gaskins – Ad Astra Per Aspera « guereview ! -- Topsy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s