The Social Network

Saat menonton film ini , gue jadi sedikit teringat pas tahun pertama gue masuk kuliah. Ada satu mata kuliah yang namanya Pengenalan Teknologi Informasi (Mohon koreksi kalo saya salah) , dimana di situ mahasiswa dituntut buat belajar programming dengan menggunakan software c++ , dimana kita harus menentukan algoritmanya terlebih dahulu , membuat flowchart , baru menyusun script programnya.

Dan gue ngga menyangka , website-website yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari semuanya berawal dari ide yang sangat sederhana dan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Ngga ada website yang dari pertama kali muncul langsung bagus dan menarik banyak pihak buat memakainya. Tetep harus ada publikasi yang gencar dan inovasi yang dibutuhkan biar website tersebut terus digunakan dan ngga ditinggalkan pemakainya .

The Social Network , yang menceritakan tentang bagaimana awalnya Facebook terbentuk , intrik yang bermain selama keberjalanannya , sampai akhirnya menjadi salah satu website yang paling banyak diakses oleh orang-orang di seluruh dunia juga bermula dari ide sederhana . Hanya saja pada saat itu , hanya segelintir orang yang bisa berpikir (atau peduli) untuk membuat ide sederhana tapi brilian tersebut .

Mark Zuckerberg , mahasiswa Harvard yang membuat facebook tidak menemukan ide dari pikirannya sendiri. Ia mendapatkan ide untuk membuat social network dari sekelompok orang yang berharap dirinya menjadi programmer untuk mewujudkan ide mereka. Namun ditengah keberjalanannya Mark meninggalkan mereka dan membuat website yang diberi nama The Facebook dengan teman-teman satu kamarnya.

Even Facebook have an algorithm

Seiring berjalannya waktu , pertumbuhan The Facebook semakin besar dengan user yang semakin banyak. Eduardo , salah satu CER dari The Facebook yang juga merupakan teman satu kamar Mark melihatnya sebagai suatu peluang bisnis. Sehingga ia menyarankan Mark agar mulai mencari orang atu perusahaan yang ingin memasang iklan di The Facebook. Namun hal tersebut ditolak Mark yang menganggap hal itu hanya akan merusak eksklusifitas The Facebook itu sendiri. Lama kelamaan , makin banyak konflik yang muncul , mulai dari salah paham antara Mark dan Eduardo , dan juga mulai masuknya campur tangan banyak pihak yang ingin mendapatkan keuntungan , salah satunya adalah pemilik Napster , Sean Parker.

Gue kurang tahu apakah film ini benar-benar menceritakan semua kebenaran dari perjalanan Facebook atau banyak hal yang diubah untuk meramaikan cerita . Tetapi terlepas dari hal itu , gue salut sama David Fincher yang lagilagi berhasil membuat film yang bagus yang bisa menarik emosi penonton . Ngga ada scene yang terbuang percuma. Walaupun akhirnya ending dari konflik facebook ngga difilmkan secara utuh, tapi ngge menghilangkan pesan yang ingin dituangkan dalam film ini.

"Maybe people don't like you not because you are a nerd . Maybe it just because ... you are an assh$le .

Setelah menonton film ini , gue berpikir kalo Mark Zuckerberg sang pembuat facebook bukan orang yang memiliki hubungan sosial yang bagus , walaupun ia berhasil membuat ‘wadah’ yang bisa membuat orang-orang di seluruh dunia bersosialisasi , ironis. Yang jelas buat yang penasaran gimana facebook terbentuk , gimana pengen bikin suatu manajemen yang baik , atau yang pingin menontom film yang keren dan sarat pesan moril . Gue rekomendasiin film ini untuk lo .

Director : David Fincher

Cast : Jesse Eisenberg , Justin Timberlake , Andrew Garfield , Rooney Mara

Release : 2010

Rate : 9/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s