The Darjeeling Limited (2007)

Film ketiga dari Wes Anderson yang gue tonton . Setelah Fantastic Mr. Fox dan  The Royal Tenenbaums . Akhirnya gue menonton satu lagi karyanya yaitu The Darjeeling Limited.

Film ini menceritakan tentang tiga orang bersaudara , Francis , Peter dan Jack yang tidak pernah bertemu setelah kematian ayahnya akibat kecelakaan. Francis , anak yang paling tua mengatur agar mereka bisa bertemu kembali dan melakukan perjalanan spiritual di India menggunakan sebuah kereta yang bernama The Darjeeling Limited. Tujuan Francis melakukan perjalanan ini adalah agar ia dan saudara-saudara kembali percaya satu sama lain , dan menjadi saudara seperti seharusnya. Pada akhirnya , tujuan dari perjalanan ini adalah untuk bertemu dengan ibunya yang menjadi seorang biarawati di India.

Dengan meninggalkan masalah hidupnya masing-masing , ketiga bersaudara tersebut akhirnya melakukan perjalanan spiritualnya ke India. Pada awlanya mereka merasa perjalanan tersebut sia-sia . Tapi seiring berjalannya waktu , dengan melakukan ritual-ritual seperti meditasi , ritual di atas tebing , meniup bulu burung , sampai menghadiri pemakaman seorang anak , akhirnya hubungan mereka mulai membaik dan mulai menemukan rasa percaya satu sama lain.

Film-film yang digarap oleh Wes Anderson memiliki karakter yang khas. Sehingga kalo lo udan menonton minimal dua dari sekian film yang telah ia buat, ketika lo menonton film buatannya lagi lo bakal mengetahui kalo film yang lo tonton adalah buatannya. Tema yang diangkatpun mirip-mirip dengan dua film yang gue tonton ebelumnya. Dimana terjadi konflik internal keluarga , dan ada satu orang yang berusaha memperbaikinya , mungkin sang sutradara memang senang untuk mengangkat tema seperti ini.

Untuk soal cast, setelah gue perhatiin ternyata Wes Anderson tipe orang yang kurang suka melakukan inovasi. Ini terlihat dari pemilihan aktor pada setiap filmnya yang nggak gantiganti. Owen Wilson dan Anjelica Huston kembali mendapatkan peran penting ,  sedangkan Bill Murray yang cuma jadi cameo di awal film tetap dipertahankan untuk mengisi peran di film ini. Entah karena sang sutradara sudah kenal dengan karakter masing-masing pemainnya atau memang ada faktor kedekatan dari pemilihan cast nya , entahlah.

Yang jelas buat yang suka jenis-jenis film komedi drama tetapi lebih dominan dramanya,  dan buat yang suka sama film-film buatan Wes Anderson terdahulu semacam Fantastic Mr. Fox dan The Royal Tenenbaums , film ini bisa jadi pilihan. Oh ya , film ini juga hadir dengan jokes-jokes khas ‘American’ , yang gue sendiri kadang suka bengong ngga tau maksudnya apa. Nah buat yang ngerti joke semacam itu , boleh juga tuh notnon film ini .

Director : Wes Anderson

Cast : Owen Wilson , Adrien Brody , Jason Schwartzman ,Anjelica Huston , Bill Murray

Release : 2007

Rate : 7/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s