How To Train Your Dragon (2010)

One of under-appreciated movie of the year in Indonesia , padahal film ini release pertama kali di Indonesia. Dreamworks berhasil menyuguhkan film animasi yang keren dari segi cerita dan visualisasinya . Setiap scene terasa keren dan ngga ada scene yang ngga meaning. Ini adalah salah satu film animasi yang menurut gue mampu menyaingi film-film animasi yang diproduksi oleh Pixar.

How To Train Your Dragon bercerita tentang bangsa viking yang selalu berperang melawan naga-naga yang mencuri binatang ternak mereka. Salah satu anak muda bernama Hiccup , juga berusaha melawan naga-naga itu , hanya saja ia memiliki kelemahan tidak memiliki badan kekar berotot seperti layaknya orang Viking yang lain. Padahal ia adalah anak dari pemimpin bangsa viking saat itu.

Ingin membuktikan keberadaan dirinya , pada suatu malam ketika naga-naga menyerang daerahnya lagi , ia ikut keluar dalam peperangan dan berhasil melumpuhkan naga yang tidak pernah terlihat oleh siapapun , Nightfury. Hanya saja tidak ada yang percaya kepadanya , hal itu diperparah karena akibat ulahnya , beberapa rumah hancur akibat kecerobohannya. Karen ayakin tembahannya tepat ke sasaran , Hiccup mencoba mencari dimana naga yang ia tembak jatuh dan ternyata memang benar dia telah menangkap Nightfury dan membuat naga tersebut tidak bisa terbang.

Namun karena merasa kasihan , Hiccup membebaskan naga itu dan mulai mencoba bersahabat dengannya dan membuatkan ekor baru yang bisa membuat naga itu terbang kembali. Seiring berjalannya waktu , Hiccup mulai mengetahui bahwa semua yang dipelajari oleh bangsa viking adalah suatu kesalahan. Karena naga-naga itu ternyata bisa dikendalikan , mereka hanya mengambil makanan karena ada tujuan tertentu.

How to Train Your Dragon adalah film yang lengkap. Cerita yang bagus , animasi yang keren , adegan action sepanjang film , diselingi oleh humor yang membuat film ini ngga garing dan film ini memang sangat cocok buat ditampilkan dalam format 3D , terutama saat Hiccup mengendarai Toothless (ini nama si naganya) buat berlatih mengendalikan ekornya yang baru , epic .

Ada satu scene yang menurut gue lucu banget. saat Hiccup berusaha menjadikan Toothless temannya, ia membawa seekor ikan mentah untuk dijadikan makanannya. Ternyata naga terbiasa berbagi makanan , jadi setelah Toothless menelan makanannya , ia memuntahkannya lagi untuk diberikan kepada Hiccup , semacam tanda berbagi gitu , untung manusia udah biasa makan sushi..

Dari sisi ceritanya lumayan emosional , gimana seorang anak ingin membuktikan diri jadi yang terbaik dibawah bayang-bayang ayahnya yang merupakan orang yang terpandang. Lalu bagaimana persahabatan antara Hiccup dan Toothless yang awalnya cukup complicated , sampai pada akhirnya ada ending yang cukup bikin hati miris saat selesai menonton .

Lalu hal lain yang menonjol adalah tentang pengisi suaranya . Gue merasa antara suara dan karakter yang dimiliki masing-masing perang sangat cocok. Contohnya adalah Jay Baruchel yang menjadi pengisi suara untuk Hiccup. Fisik Hiccup sebagai pemuda lemah di luar, pemalu , namun memiliki semangat yang kuat terwakili oleh suaranya sendiri. Sang sutradara telah memilih orang-orang yang tepat untuk setiap peran yang ada dalam film ini.

Kesan yang gue dapet saat menonton ini adalah seperti gue menonton lagi fim Digimon yang gue tonton setiap hari minggu pas jaman sd dulu. Gimana kerennya seorang anak punya peliharaan seekor naga , terus kita bisa naik di atasnya atau apalah . Yang jelas film ini membawa gue ke saat gue masih kecil dimana persahabatan antara manusia dan hewan adalah hal yang cukup keren buat gue. How to Train Your Dragon membuat gue ngga nyesel menontonnya karena gue nonton film ini di sela-sela persiapan buat UAS , curi-curi waktu dikit ga apa-apa lah yaa.. Buat yang belom nonton cepetan nonton ya !

Director : Dean DeBlois, Chris Sanders

Cast : Jay Baruchel , Gerard Butler, Jonah Hill, Kristen Wiig, America Ferrera

Release : 2010

Rate : 9/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s