Knight And Day (2010)

Knight and Day bercerita tentang seorang agen rahasia bernama Roy Miller yang berusaha mengamankan sebuah baterai bernama Zephyr yang bisa digunakan terus menerus yang bisa menjadi sumber energi tanpa batas yang tentu saja menarik perhatian villains kelas kakap dari seluruh penjuru dunia. Hal itu diperparah ketika Roy difitnah oleh agen lainnya bahwa ia ingin menguasai Zephyr untuk dirinya sendiri. Padahal Roy tau ada agen lain yang ingin mencuri Zephyr dan menjualnya ke salahsatu mafia Spanyol, Antonio.

Di sebuah bandara , ketika Roy akan bertemu temannya yang membuat Zephyr , Simon Feck , Roy bertemu dengan June Havens , seorang wanita yang akan pergi ke Kansas untuk memperbaiki mobil milik ayahnya yang akan diberikan sebagai hadiah pernikahan adiknya.Sialnya , June ternyata menumpang pesawat yang hanya berisi Roy dan agen-agen lain yang ingin mengambil Zephyr dari tangan Roy. Sejak saat itu , June mau tidak mau terlibat dalam kehidupan Roy yang membingungkan dan ia juga menjadi orang yang diincar agen-agen lain maupun mafia yang ingin memiliki Zephyr.

Setelah sekian lama , Tom Cruise akhirnya muncul lagi di ranah perfilman Hollywood. Tom yang suda di cap sebagai salah satu aktor yang oke dalam memerankan peran sebagai agen rahasia dalam Mission Impossible series tentu sudah ngga anaeh dengan peran yang diberikan kepadanya di film ini. Bersama Cameron Diaz , mereka menjadi duet maut yang tentu saja diharapkan bisa menaikkan pamor film ini. Untuk para villain , diisi oleh aktor yang lumayan sering main sebagai badguy dalam film film yang lain : Peter Sarsgaard dan Jordi Molla . Jadi untuk urusan cast , aktor dan aktris yang mengisi peran di film ini sudah cukup menjanjikan , lalu bagaimana dengan ceritanya?

Knight and Day adalah campuran antara .. action-comedy-drama yang hasilnya menurut gue kurang memuaskan. Bisa dibilang film ini ngga ada bedanya dengan film-film bertema serupa. Seorang agen rahasia bertemu cewe biasa , si cewe terlibat , dor dor dor beberapa kali scene tembak-tembakan dan kejar-kejaran , klimaks , antiklimaks , tamat. Ngga ada hal lebih yang dutawarkan film ini. Buat yang udah pernah nonton The Bounty Hunter atau Killers , Knight and Day menceritakan hal-hal yang mirip dengan kedua film itu , dengan peran utama yang sedikit lebih baik.

Tapi ada beberapa scene dan dialog yang menurut gue cukup bagus. Pertama , saat June mengadiri pernikahan adiknya, adiknya meminta agar mobil ayahnya dijual sebagai modal untuk membeli rumah baru untuk dirinya dan suaminya, padahal June repot-repot pergi ke Kansas dan terjerumus ke dunia agen rahasia karena tidak senagja menumpang pesawat penuh agen sialan hanya untuk membeli onderdil mobil ayahnya agar mobilnya lebih bagus untuk diberkan sebagai hadiah pernikahan. Kedua , adalah saat June mengunjungi sebuah alamat yang ternyata merupakan rumah kedua orang tua Roy. Orang tua Roy beranggapan bahwa Roy sudah meninggal akibat tenggelam saat lomba renang aat usianya masih kecil. Padahal sebenarnya Roy masih hidup , tuntutan seorang agen agar membuang semua kehidupan masa lalunya membuat Roy terpaksa berbohong kepada kedua orang tuanya. Tapi setiap bulannya , Roy tetap mengirimkan uang dan hadiah-hadiah untuk kedua orang tuanya dengan berbohong bahwa hadiah itu merupakan hadiah dari kuis yang diadakan di internet. Scene ini cukup mengiris hati gue.

Peran Cameron Diaz sebagai cewe polos yang biasa saja menurut gue kurang cock dengan peran yang diberikan untuknya. Maaf kalo gue agak kasar, tapi menurut gue dengan karakter yang seperti itu , Cameron Diaz sudah terlalu berumur. Mungkin pemilihan Cameron Diaz adalah dengan alasan untuk mengimbangi Tom Cruise dari segi ‘pengalaman’ dan ‘umur’. Lalu gue juga udah terlalu terbiasa dengan image Cameron yang glamor seperti pada film In Her Shoes dan The Holiday. Jadi menurut gue , untuk seorang wanita polos , biasa saja , dan cenderung ‘standar’ , pemilihan Cameron Diaz yang berperan sebagi June Havens menrupakan keputusan yang kurang tepat.

Overall, film ini bolehlah dibilang cukup menghibur kalau kita lagi ngga ada kerjaan dan memang lagi butuh penyegaran dan males mikir. Tapi buat yang ngga pengen nonton film yang ngga ada isinya,gue saranin lebih baik mencari film lain..

Director : James Mangold

Cast : Tom Cruise , Cameron Diaz, Peter Sarsgaard, Jordi Molla,Paul Dano

Release : 2010

Rate : 7/10


One thought on “Knight And Day (2010)

  1. Pingback: Easy A (2010) « guereview !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s