Spider-Man : Shattered Dimension (PC)

Publisher: Activision

Genre: Action , Adventure

Release Date: 2010

Platforms: PC , Xbox 360 , Nintendo DS

Rate : 8/10

Memasuki bulan liburan ini sengaja gue beli berencana beli dvd game buat ngabisin waktu kalo emang liburan gue membosankan dan ngga ada kerjaan yang gue lakuin. Asalnya gue pengen beli game Devil May Cry , dari jamannya PS gue suka banget sama gameplaynya game ini. Tapi pas gue liat di salah satu majalah , ada game ini (Spider-Man : Shattered Dimension) dan gue lihat screenshotnya cukup keren. Karena gue penasaran , gue juga coba lihat trailernya di youtube dan dari segi gameplay , dan mau bagaimana lagi , Spider-Man adalah superhero favorit gue dari kecil , yaudah Devil May Cry lupa deh. Dan satu lagi , ini review pertama gue untuk sebuah game , maaf kalo ada bagian yang kurang lengkap ngga gue review ok.

Spider-Man : Shattered Dimension , plotnya menceritakan tentang empat spiderman yang berbeda dimensi yang sama-sama mencari pecahan sebuah batu ajaib yang memberi kekuatan kepada pemegangnya. Batu itu pecah akibat ulah Mysterio, salah satu villain Spider-Man Amazing dan pecahannya tersebar ke empat dimensi yang ssetipa dimensinya dihuni juga oleh Spider-Man yang lain dan villains yang berusaha menggunakan pecahan batu itu untuk mengalahkan Spiderman dan menganggu kestabilan dimensinya masing-masing.

Di game ini , ada 4 spiderman yang bakal kita mainkan pada setiap dimensinya. Spider-Man Amazing , Spider-Man 2099 ,Ultimate Spider-Man(venom suit) , dan Spider-Man Noir adalah para jagoan laba-laba yang siap kita gunakan untuk menghadapi villain-villain. Setiap Spider-Man memiliki masing-masing kelebihan, Spider-Man Amazing punya kelebihan dalam kelincahan , dalam penggunaannya juga lebih mengacu kepada bagaimana Spider-Man Amazing meloncat-loncat, berayun dan menghadapi musuh yang jumlahnya agak banyak , tapi itu mudah diatasi dengan kelincahannya, Amazing Spider-Man bertempat di zaman sekarang, dan merupakan tokoh utama di game ini .Spiderman 2099 yang berasal dari masa depan, tempat dimana bumi sudah menjadi kota neon dimana-mana dan setting waktu Spider-Man 2099 selalu berada pada malam hari. Spider-Man 2099 memiliki kelebihan dalam kecepatan , ada dalam beberapa stage dimana Spider-Man 2099 melakukan manuver-manuver keren dengan meluncur loncat dari gedung pencakar langit untuk mengejar villain yang kabur.

Sementara Ultimate Spider-Man, Spider-Man yang menggunakan kostum venom memiliki kelebihan dalam power , hal ini menyebabkan lawannya akan lebih mudah dihadapi karena serangan dari Spider-Man ini punya damage yang cukup kuat. Sebenarnya setting tempat dan waktu dari Ultimate Spider-Man sama dengan setting Amazin Spiderman , tapi karena beda dimensi tadi jadinya mereka ga pernah ketemu dan kenalan.. Yang terakhir adalah Spider-Man Noir yang menurut gue adalah Spider-Man terkeren di game ini , kelebihannya adalah kemampuannya dalam stealth atau mengendap-ngendap. Berbeda dengan Spider-Man lain yang menghadapi musuh face to face , Spider-Man Noir harus melumpuhkan musuhnya secara diam-diam. Setting nya berada pada jaman dahulu dan selalu malam hari. Spider-Man Noir mungkin Spider-Man yang paling lemah soalnya kalo ketahuan musuh dan kita bertarung secara face to face , damage ang akan kita terima cukup besar kalo kena pukul. Jadi satu-satunya cara adlaah melumpuhkan musuh dari kegelapan.

Buat yang nyobain game Spider-Man di Play Station , buat gameplaynya jangan disamain, soalnya gameplay game yang ini sama yang di PS lumayan beda dan tentu saja lebih keren. Disini juga selain bisa ngeliat Spider-Man dengan suit yang berbeda-beda , hal lain yang cukup keren adalah kita bisa ngelihat villain Spider-Man tapi zamannya berbeda. Contohnya kita bisa ngeliat Electro, Goblin,Scorpion dan Doctor Octopus pada Spider-Man 2099 dan disitu Doctor Octopusnya seorang cewe. Kita juga bisa ngeliat pada dimensi tempat Spider-Man Noir berada , ada goblinnya juga , dan ternyata pada jaman dulu yang menjadi goblin juga berasal dari keluarga Osborne. Jadi di game ini seengaknya kita bisa tahu juga silsilah dan sejarah atau juga gimana masa depan dari villainnya.

Game ini bisa kita mainkan dengan tiga level : Easy , Normal , dan Hard. Setiap level akan menghasilkan bonus yang berbeda-beda. Easy level akan mendapatkan Character Bios , Normal level akan mendapatkan Concept Art dan Hard level akan mendapatkan Figurines. Untuk semua level akan mendapatkan juga bonus Alternate Suit dan Movies. Untuk controllingnya juga cukup mudah kok , karena gue mainnya di pc , dengan menggunakan keyboard dan mouse juga cukup kok , ngga perlu pake joystick juga bisa. Tinggal  huruf W,A,S,D untuk control arah , left & center mouse untuk attack , sama paling variasi shift untuk dodging dan tombol tabs untuk mengaktifkan spider sense , jadi kita bisa ngeliat dimana musuh yang tersembunyi dan juga sandera yang perlu ditolong , cool enough for me .

Carnage : coolest villain

Overall gamenya memang ngga terlalu sulit buat dimainin atau kalo boleh gue bilang kurang menantang. hal yang mungkin menjadi variasi adalah Spider-Noir yang harus mengendap-endap seperti Tenchi untuk melumpuhkan musuh. Tapi untuk mengisi liburan ketika ngga ada yang harus dilakukan, boleh deh game ini dicoba sekalian mengenang masa-masa kecil kita , hehe berasa tua.. selamat bermain !

One thought on “Spider-Man : Shattered Dimension (PC)

  1. main dipc kan? pernah nyoba dengan
    gamepad? soalnya gamepad saya error dibagian analog kanannya. thx sudah dicoba dengan emulator xbox controller tetap tidkk bisa: 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s