The Lost Symbol

Judul                     : The Lost Symbol

Pengarang          : Dan Brown

Genre                    : Thriller

Penerbit              : Penerbit Bentang

Tahun                   : 2009

Halaman              : 712

You’ll like if You Like : Other Dan Brown’s Book , City of Amber

Rate : 8/10

The Lost Symbol adalah novel karangan Dan Brown ketiga yang gue baca setelah The Da Vinci Code dan Angels & Demons. Ngga jauh-jauh beda sama kedua novel itu , The Lost Symbol menyajikan misteri-misteri dari suatu tempat bersejarah , karya seni , dan juga kode-kode yang diatur sedemikian rupa sehingga misteri yang akan dipecahkan akan membuat kita berjalan kesana-kemari untuk menelusuri benang misterinya. Dan setelah Vatikan dan Perancis , Dan Brown membawa kita ke ngeara lain yang sama misteriusnya dan mempunya rahasia-rahasia unik : Amerika Serikat.

Robert Langdon , mendapatkan undangan mendadak dari sahabat, mentornya dan juga seorang tokoh Persaudaraan Mason , Peter Solomon untuk melakukan ceramah di Gedung Capitol, Washington DC. Namun tak disangka ternyata undangan tersebut adalah suatu rekayasa seseorang yang tidak diketahui identitasnya. Parahnya lagi orang itu mengancam Langdon untuk ememcahkan kode-kode yang dimiliknya untuk membuka suatu portal yang akan membawanya ke suatu tempat yang diyakini bisa mengangkat dirinya menjadi seorang dewa.

Kericuhan dimulai ketika orang misterius tersebut juga menculik Peter Solomon dan mengancam akan membunuhnya jika Langdon tidak memecahkan kode yang diberikannya. Belum sempat mencerna apa yang harus dilakukannya , Gedung Capitol digemparkan oleh ditemukannya sepotong tangan yang belakangan diketahui dari cincin yanga da di jari telunjuknya ,merupakan tangan Peter Solomon. Demi menyelamatkan sahabatnya, Langdong akhirnya mencoba memecahkan misteri itu.

Menelusuri terowongan bawah tanah , dikejar CIA , mengunjungi kuil Mason , perpustakaan Kongres dan mendatangi tempat-tempat lain yang memberi petunjuk untuk memecahkan misteri yang diinginkan si penculik yang ternyata berpotensi menjadi ancaman keamanan nasional. Diburu waktu untuk menyelamatkan Peter, Robert yang ditemani Katherine Solomon, adik Peter Solomon ,mencoba memecahkan teka-teki yang diinginkan si penculik.

Seperti biasa Dan Brown membawa kita ke petualangan Robert Langdon yang seru dan mendebarkan. Ciri khasnya adalah misteri yang bertumpukan. Walaupun Robert Langdon sudah memecahkan teka-teki yang nampaknya sudah jelas, ternyata masih ada misteri selanjutnya dari kebenaran yang sudah terbuka, ada lingkaran dalam lingkaran. Walaupun begitu , ngga lantas kita bakal bosan karena ceritanya bertele-tele , tapi disitu gue ngerasa semakin penasaran dan ga saar buat buka halaman selanjutnya untuk tahu apa kebenarannya.

Dan tentu saja yang menarik adalah setting pada novelnya : US ! Siapa yang sangka negara yang ditemukan oleh orang eropa itu memiliki dan menyembunyikan rahasia bahkan sejak awal terbentuknya Amerika Serikat sebagai sebuah negara.  Lalu hal lain yang juga menarik adalah ilmu noetic yang di novelnya sedang dikebangkan oleh Katherine Solomon, ilmu yang mempelajari tentang pikiran manusia. Dimana dijelaskan kalo pikiran manusia bisa berpengaruh secara fisik terhadap benda-benda fisik yang nyata. Salah satu contoh sederhana tentang hal yang berhubungan dengan ilmu ini adalah susunan air yang berubah sesuai dengan pikiran orang disekitarnya. Suka lihat orang-orang di pengajian dan didepannya ada air minum yang suka disebut air doa? Nah gue pernah baca tentang hal itu di sebuah buku dan memang susunan partikel air berubah ketika ada pikiran-pikiran yang mengintervensinya, kalo ada yang bilang air doa itu bisa nyembuhin penyakit atau apa, sebenarnya air itu susunannya berubah karena pada saat orang-orang berdoa diseklilingnya, orang-orang tersebut menebarkan sinyal-sinyal positif yang membuat susunan partikel airnya menjadi lebih baik. Nah contoh tadi adalah salah satu hal yang dipelajari Ilmu Noetic. Menarik kan ?

Sedikit saran kalo lo baca novel ini sembari berada di samping komputer atau ngga jah-jauh dari BlackBerry kamu, maksudnya kalo ada satu petunjuk yang disinggung pada novel ini, entah itu suatu tempat, lukisan , atau bahkan sebuah petunjuk dari sebuah literatur yang disinggung Robert Langdon , kita bisa mencarinya di google , jadi kita bisa sedikit membayangkan bagian mananya yang merupakan petunjuk untuk memecahkan misterinya. Tapi kalo kamu males mikir dan repot-repot googling , tentu saja saran diatas bisa diskip..

Mungkin yang berubah dari novel terjemahan karya Dan Brown sebelumnya adalah gaya menerjemahkannya. Novel-novel Dan Brown sebelumnya diterjemahkan oleh Penerbit Serambi. Sedangkan untuk novel The Lost Symbol ini diterjemahkan dan diterbitkan oleh Penerbit Bentang. Perpindahan hak penerbitan ini sedikit banyak merubah gaya penuturan ceritanya karena sudah pasti dengan penerbit yang berbeda, maka penerjemahnya juga akan berbeda. It’s kinda strange at the beginning ..

Gue adalah seorang penggemar novel Dan Brown , gue merasa dia luar biasa jenius untuk bidang yang ditekuninya dan dia bisa berbagi ilmunya dengan cara yang praktis , sehingga dapat diterima oleh orang banyak , walaupun orang-orang yang membacanya mungkin hanya membaca sambil lalu ilmu yang diberikan Dan Brown mengenai sejarah-sejarah, arti suatu simbol ataupun makna dari sandi-sandi yang secara tersembunyi memang ada disekitar Robert Langdon dalam novelnya. Gue berpikir apa bisa kita membagi ilmu kita , terlepas dari apa itu ilmu kita dan seberapa menarik ilmu yang kita punya untuk dibagikan secara praktis tapi keren dan ngga bertele-tele seperti textbook yang kita gunakan di kuliah-kuliah kita, yang bahkan kita ngga pengen ngebuka setelah liat tebelnya segimana.

Buat yang suka novel Thriller novel ini sangat direkomendasikan , walaupun ngga terlalu banyak intrik dan subalurnya , yang membuat jalan ceritanya cukup ringan-ringan saja, novel ini tetep layak untuk dibaca kok. Terlebih lagi novel ini bikinan Dan Brown yang karya-karnyanya sejauh ini tida ada yang mengecewakan . Buat yang udah beli tapi belom baca karena liat tebelnya yang lumayan , segera dibaca deh , ngga akan nyesel kok🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s