Megamind (2010)

Film ini adalah pelarian , pengalih perhatian dari mood gue yang jelek beberapa hari belakangan. Tentunya gue berharap seengaknya film ini bisa ngehibur gue. Alasan gue memilih film ini adalah menurut temen-temen gue filmnya bagus , lucu dan ada pesan moral yang baik di dalamnya. Alasan kedua , karena film ini film animasi atau bahasa Indonesia gaulnya mungkin disebut film kartun kali ya , yang sepanjang gue nonton film kartun semacam begini ngga pernah ada yang ngga lucu , minimal menghiburlah. Ketiga , alasan paling krusial kenapa gue memilih film ini untuk ditonton adalah : gue baru beli filmnya , jadi gue baru bisa nonton filmnya sekarang deh, ngga dari kemarin-kemarin … krik krik.

Megamind , adalah seorang penjahat kelas kakap yang selalu mengganggu kedamaian Metro City. Tujuan utamanya mengacau adalah bukan untuk menguasai Metro City dan menyiksa para penduduknya , bukan sama sekali. Megamind hanya ingin mengalahkan Metro Man , yang belum pernah ia kalahkan dalam hal apapun. Setiap aksi kejahatannya untuk mendapatkan perhatian dari sang superhero Metro Man adalah dengan menculik seorang reporter berita cantik , Roxanne Ritchie. Setelah perhatian Metro Man tertuju padanya, maka ia akan mencoba menjebak Metro Man dan berusaha mengalahkannya. Namun usahanya selama ini selalu saja mengalami kegagalan.

Sampai suatu hari , ketika warga Metro City merayakan hari Metro Man, lagi-lagi Megamind menculik Roxanne dan menjebak Metro Man. Dan tak disangka ternyata kali ini Metro Man terjebak dan Megamind berhasil membunuh Metro Man dengan jebakannya. Seluruh warga Metro City , Roxanne , dan termasuk Megamind sendiri tak menyangka Metro Man bisa dikalahkan. Akhirnya Megamind mengambil alih Metro City dan melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukannya ketika Metro Man ada.

Megamind merampok bank, mencorat-coret tembok kota , menguasai City Hall , tapi akhirnya Megamind sampai pada titik jenuh karena semua yang dilakukannya menjadi terlalu mudah. Sampai akhirnya Megamind menyadari bahwa ia merindukan Metro Man. Megamind akhirnya memiliki ide untuk membuat superhero yang akan bisa dilawannya kemudian hari , yang pada akhirnya dikenal dengan Titan. Namun ternyata Titan tidak bertingkah layaknya superhero. Ia  hanya memetingkan dirinya sendiri dan menyalahgunakan kekuatannya. Bahkan dengan kekuatannya ia membahayakan penduduk Metro City. Dengan keadaan seperti itu, harus ada seseorang yang menghentikan Titan memporak-porandakan kota, orang itu adalah Megamind.

 

Megabama

Spoiler yang berlebihan sepertinya? Yasuhdalah tak apa. Yang jelas apa yang gue harapkan seperti di pembukaan tadi terpenuhi setelah menonton film ini. Megamind hadir dengan komedi lucu yang disajikan dengan ringan tapi tetap disajikan sebagai film yang heartwarming. Walaupun tema utamanya adalah komedi. Megamind juga mengandung unsur drama percintaan dan juga persahabatan. Didalamnya juga banyak unsur yang bisa kita petik sebagai pelajaran.

Dari film ini kita bisa belajar , kalo ternyata hitam putihnya seseorang ngga bisa kita lihat dari luarnya saja. Karena ngga semua pola pikir itu sama. Kita harus bisa melihat dari banyak sudut pandang untuk ngejudge seseorang itu buruk atau engga. Disini juga kita bisa belajar , kalo apa yang dikatakan tentang orang lain belum tentu benar dengan keadaan sebenarnya. Singkatnya , ngga ada yang lebih tahu seseorang daripada orang itu sendiri. Jadi kalo kita penasaran sama seseorang, kenapa ngga Tanya langsung aja sama orangnya? Lebih pasti benarnya (kalau orangnya jujur tentu saja). Dan mungkin satu lagi , ngga selamanya apa yang kita pengen bakal bermanfaat buat kita atau membawa kita ke arah yang lebih baik. Bisa aja hal yang udah lama kita inginkan , ternyata setelah kita dapatkan malah jadi bumerang buat diri kita sendiri.

Setelah How To Train Your Dragon , Dreamworks kembali mengeluarkan film animasi yang bisa bikin kita tersenyum di akhir cerita. Salah satu alasan gue suka film animasi seperti ini adalah, walaupun jalan ceritanya cukup mudah ditebak , tapi ada hal yang bikin betah untuk terus menonton filmnya. Ngga seperti beberapa film drama yang walaupun bisa dapet Oscar tapi terkadang jalan ceritanya berat dan menurut gue sih penuturan ceritanya kebanyakan kurang bagus dan ngga disajikan dengan baik. Berbeda dengan film animasi yang moodnya naik turun dan ngga bikin kita pusing dan bosan saat kita  menontonnya.

Buat yang lagi suntuk karena hal-hal yang mengganggu kamu di luar sana, yang lagi pusing sama kejadian-kejadian ngga penting, yang moodnya lagi turun kaya gue beberapa hari belakangan. Sangat diwajibkan nonton film ini, mood kamu yang rusak bakal tersusun kembali dengan nonton Megamind (kalo kata Coldplay sih : This movie will fix you. hehe). Jangan nyalahin gue ya kalo abis filmnya selesai kamu senyum-senyum sendiri J.

Director : Tom McGrath

Cast : Will Ferrell, Brad Pitt , Tina Fey, Jonah Hill , David Cross, Ben Stiller

Release : 2010

You’ll like if You Like: How To Train Your Dragon , Toy Story

Rate : 8/10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s