Never Let Me Go (2010)

Rasa pengen nonton film muncul salah satu aktor yang membintanginya adalah Andrew Garfield , yang aktingnya cukup menawan di film The Social Network dan Boy A , yang juga akan memerankan Peter Parker di film Spiderman berikutnya yang juga mukanya mirip vokalis Panic at The Disco, Brendon Urie. Di film ini juga terdapat Keira Knightley yang main dalam tiga serial Pirates Of The Caribean.

Pada pembukaan filmnya , yang diceritakan pada tahun 1970 , terdapat murid-murid suatu sekolah yang agak aneh. Disitu memang terlihat sekolahnya biasa saja namun lama kelamaan akan terlihat kalo ternyata sekolah itu bukan sekolah yang biasa saja. Murid-murid yang ada di sekolah itu terisolir sampai mereka remaja dan mereka ketika dewasa nanti harus mendonorkan organ dalam tubuh mereka unuk disumbangkan atau diberikan kepada orang lain.

Yang jelas film ini memiliki tiga tokoh utama yaitu Kathy , Ruth dan Tommy. Kathy dan Ruth adalah sahabat pada saat itu. Sedangkan Tommy adalah seorang anak laki-laki yang berperangai aneh sehingga sering dibully oleh anak-anak yang lain. Namun Kathy tidak melihat sifat Tommy sebagai suatu keanehan , ia menganggap Tommy orang yang baik dan lama kelamaan Kathy memiliki rasa terhadap Tommy. Namun ternyata Ruth juga memiliki perasaan yang sama terhadap Tommy , dan ternyata hubungan Tommy dan Ruth lebih jauh ketimbang hubungannya dengan Kathy. Kathy yang menyadari hal itu akhirnya memilih untuk merelakan Tommy dengan sahabatnya sendiri.

Hubungan Ruth dan Tommy berlanjut samapai mereka remaja , Kathy yang terus memendam perasaannya terhadap Tommy juga masih menjaga hubungn pertemanan dengan Ruth. Sampai akhirnya terjadi perselisihan antara Ruth dan Kathy yang menyebabkan Ruth meninggalkan mereka untuk menjadi seorang perawat. Ketiga individu yang belum pernah berpisah dari waktu kecil akhirnya mulai terpisah dan mencoba menjalani hidupnya dengan caranya masing-masing.

Tema yang diungkap dalam film ini adalah drama. Bagaimana emosi yang ditunjukkan oleh setiap karakter mempengaruhi suasana hati penonton. Cinta , kejujuran , pengkhianatan dan kebesaran hati adalah tema-tema dominan yang ada di film ini. Tapi ada hal lain juga yang menambah variasi film ini , ada beberapa hal aneh di film ini yang mungkin kalo lo baru nonton awalnya ngga akan sadar. Seperti adegan setiap orang yang mau keluar atau masuk dari sebuah rumah atau sekolah harus memperlihatkan gelangnya ke semacam detektor yang terpasang di tembok. Jadi kaya diabsen setiap keluar-masuk rumah. Dan satu hal lain yang sangat janggal adalah mana ada anak-anak yang dengan sengaja hidupnya hanya untuk mendonasikan organ dalamnya aja. Seolah-olah hidup ngga punya pilihan dan tinggal menunggu kapan nyawa diambil dan kita tahu kapan waktunya.

Yang mengerikan adalah si ketiga tokoh utama kita, ngga tahu kalo hal yang terjadi pada mereka adalah hal yang buruk. Hidup dalam kerangkeng tak kasat mata , ngga punya pilihan hidup . Satu-satunya pilihan yang mereka punya dan mereka sadari adalah hak untuk menyukai seseorang , yang sayangnya bahkan mereka harus berkompetisi dengan sahabat sendiri untuk mendapatkannya. Bahkan ketika punya pilihanpun pilihan yang mereka punya terbatas.

Tapi terlepas dari hal science-fiction nya, film ini tetep bagus ditonton kok. Gimana luapan perasaan masing-masing karakter yang mengaduk-aduk emosi kita bisa dijadiin alasan kenapa film ini layak ditonton. Mood film ini juga enak diikuti , screenplaynya keren , dan viewnya yang keren dengan setting Inggris pada zaman dahulu.

Ada satu pesan moral buat para remaja yang sedang mengalami musim galau dari film ini . Jangan menyerah buat dapetin seseorang yang kamu suka. Soalnya ternyata orang yang kita suka tuh bukan hanya sebagai orang yang cocok buat kita. Tapi dia adalah kebutuhan kita yang ngga bisa kita ganti. Dan lakukanlah itu segera, karena kita ngga tau apa yang akan terjadi pada kita dan dia esok hari, atau malah satu jam selanjutnya. Keep fighting young veins !

Director : Mark Romanek

Cast : Carey Mulligan, Andrew Garfield, Keira Knightley, Sally Hawkins

Release : 2010

You’ll like if You Like: 500 Days Of Summer , Easy A

Rate : 8/10


2 thoughts on “Never Let Me Go (2010)

  1. Pingback: Tweets that mention Never Let Me Go (2010) « guereview ! -- Topsy.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s