Street Kings (2008)

Buat gue , jika seorang aktor sudah ‘tercetak’ imagenya sebagai suatu karakter dalam film , maka agak sulit juga menonton aktor tersebut memerankan karakter lain di film yang berbeda. Contohnya adalah Daniel Radcliffe si Harry Potter , dan juga Robert Pattinson , yang masing-masing sudah sangat dikenal sebagai penyihir dan vampir. Bakal agak aneh melihat mereka berakting di film yang lain dengan karakter mereka yang berbeda dengan karakter yang telah melambungkan nama mereka. Begitu juga dengan image Keanu Reeves sebagai Neo di film The Matrix membuat gue kurang terbiasa menontonnya di film yang lain. Memang sebelum menonton film ini gue udah menonton Constantine , film yang juga dibintangi oleh Keanu Reeves, tai tetep aja agak kagok ngeliat dia tanpa baju serba hitam dan gerakannya yang khas saat menghindari peluru.

Street Kings bercerita tentang seorang anggota LAPD bernama Tom Ludlow yang terkadang dalam melakukan tugasnya sebagai polisi ia suka melanggar aturan-aturan yang ada. Walaupun tindakan akhirnya adalah hal yang benar, hanya saja polisi tidak boleh melakukan hal-hal yang melanggar aturan dalam setiap aktivitasnya. Ludlow yang merupakan bawahan Kapten Jack Wander sering mendapat pertolongan dari bosnya yang menyembunyikan tindakan-tindakan nyeleneh Ludlow seperti membunuh semua gangster Korea yang menculik dua orang gadis.

Pada suatu hari , Ludlow yang sedang berselisih dengan mantan rekannya Detektif Terrence Washington terlibat secara tidak sengaja dalam pembunuhan Washington di sebuah supermarket. Washington dibunuh oleh dua orang pria yang memakai penutup wajah yang belakangan diketahui bernama Fremont dan Coates. Ludlow kemudian berusaha mencari identitas dan tempat tinggal kedua orang itu dan berencana membunuhnya. Dibantu oleh Detektif Paul Diskant , Ludlow mulai menelusuri benang merah yang membawanya kepada Fremont dan Coates.

Pada awalnya gue mengira Street Kings lebih mengarah pada semacam persoalan drama rasisme ketimbang action crimenya. Hal ini terlihat dari Tom Ludlow (Keanu Reeves) yang berpasangan dengan Paul Diskant (John Evans) yang berkulit putih sedangkan polisi-polisi yang lain berkulit hitam , lalu diceritakan juga bahwa Tom Ludlow dan Detektim Washington adalah pasangan polisi hitam-putih pertama di LAPD pada saat isu rasisme masih sedang hangat-hangatnya. Bahkan dalam cover dvdnya tertulis “Blaxpoitation Movie”. Yah mungkin Black  yang tertulis disitu adalah tindakan “hitam” bukan pada masalah warna kulit.

Film ini menceritakan sisi gelap kepolisian Amerika dimana beberapa oknum polisi ada yang terlibat dalam penjualan narkotika , pelacuran, pemerasan, sampai penipuan uang pajak. Namun ditengah kehitaman kepolisian Amerika itu , ada juga beberapa polisi yang memiliki kebaikan dalam hatinya , yang tetap berlaku baik di tengah pusaran kejahatan. Walaupun pada saat berada di dalamnya, akan sangat sulit membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Film ini secara ngga langsung menyindir kepolisian yang di dalamnya terdapat oknum-oknum yang suka menyeleweng. Tapi di satu sisi mengharapkan ada polisi-polisi seperti Ludlow yang mungkin bengal tapi memiliki kejujuran hati.

Street Kings adalah film action yang bagus menurut gue , ada sedikit intrik di dalamnya sehingga ngga menunjukkan kalau film ini adalah film action biasa yang di dalamnya cuma berisi kejar-kejaran polisi dan penjahat atau cuma sekedar banyak adegan tembak-tembakan. Unsur drama yang ada di dalamnya dan juga sejarah dari Tom Ludlow dalam film ini membuat Street Kings memiliki rasa yang berbeda dari film-film action lainnya. Walaupun bukan film klasik , tapi film ini worth buat ditonton kok buat kamu yang suka film-film semacam ini.

Director : David Ayer

Cast : Keanu Reeves, Forest Whitaker, Hugh Laurie, Chris Evans, Cedric the Entertainer, Terry Crews, Martha Higareda

Release : 2008

You’ll like if You Like: Taken, The Godfather

Rate : 7/10


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s