The Tourist (2010)

Akhirnya bisa nonton film ini juga setelah lama niat nonton tapi ngga kesampaian-kesampaian. Dari line up artisnya yang oke inilah gue penasaran bakal seperti apa filmnya. Melihat poster dan spoiler-spoiler yang mengatakan filmnya adalah sejenis film action, ngga aneh kalo Angelina Jolie yang jadi pemeran utamanya. Kita bisa ngelihat bagaimana aktingnya di film bergenre seperti ini dalam Salt , Wanted , atau bahkan Tomb Raider yang dibintanginya. Yang mungkin bakal bikin agak unik adalah bagaimana Johnny Depp bermain juga dalam film seperti ini , dan dari situ gue yakin selain menyajikan actionnya, dengan hadirnya Johnny Depp juga bakal ada unsur komedi dalam film ini , yang notabene Johnny Depp udah dikenal banget dalam memerankan Jack Sparrow di Pirates Of The Caribbean Series. . Lalu untuk supporting actornya juga ada Paul Bettany yang memerankan Silas dalam The Da Vinci Code dan ia juga terlibat dalam film A Beautiful Mind.

Oke , lineup pemainnya cukup menawan , bagaimana dengan ceritanya sendiri?

The Tourist menceritakan tentang seorang agen wanita bernama Elise (Angelina Jolie) yang berusaha bertemu kekasihnya yang bernama Alexandre Pearce yang mencuri uang dari seorang mafia Rusia. Lembaga tempat Elise bekerja membuntuti Elise untuk meangkap Pearce, apalagi beredar kabar bahwa Pearce telah melakukan operasi wajah sehingga harapan mereka untuk menemukan Pearce hanya terdapat pada Elise.

Suatu saat Pearce memberikan petunjuk kepada Elise agar mengecoh agen-agen yang membuntutinya dengan cara menaikki seuah kereta dan menipu agen-agen tersebut dengan berbicara dengan orang yang ukuran tubuhnya mirip dengannya. Di kereta itu Elise bertemu dengan Frank Tupello (Jhonny Depp) dan karena Frank memiliki ukuran tubuh yang mirip dengan Pearce , maka Elise memanfaatkan Frank sehingga Frank dicurigai sebagai Alexandre Pearce. Frank adalah seorang guru matematika yang berasal dari Amerika yang pergi ke Italia sebagai seorang turis tetapi akhirnya ia malah dikejar-kejar agen-agen rahasia dan mafia-mafia yang berusaha membunuhnya. Keadaan menjadi semakin rumit ketika ternyata Elise mulai menaruh perasaan terhadap Frank.

Sebagai film yang dilabelin film action , menurut gue adegan action dalam The Tourist kurang banyak dan kurang rame. Mayoritas film ini bakal memperlihatkan Angelina Jolie yang berjalan dan agen-agen yang lain membuntutinya. Mungkin scene yang agak memacu adrenalin adalah ketika Jhonny Depp dikejar oleh tiga orang agen rahasia dari kamar hotelnya sampai akhirnya harus loncat ke sebuah atap pasar tradisional. Anggapan gue dimana film action harus talk less do more kurang ditunjukkan di film ini. Malah The Tourist lebih sering menghadirkan dialog-dialog antar pemerannya yang menurut gue ngga usah diomongin juga yang nonton udah bakal ngerti.

Entah karena gue terbiasa melihat Jhonny Depp sebagai Jack Sparrow , gue melihat karakter Frank Tupello yang diperankannya terkesan menggantung antara karakter yang serius atau karakter yang melucu. Soalnya kalau dilihat sebagai karakter yang serius, Frank lebih terkesan kaku dan canggung karena pekerjaannya sebagai guru matematika , tapi kalo dibilang karakternya lucu juga ngga lucu-lucu amat. Terbawa lucu karena ya itu tadi , gue terbiasa ngeliat dia melucu di Pirates Of The Caribbean. Lalu menurut gue , feel antara Angelina Jolie dan Jhonny Depp kurang greget. Pasti penonton akan lebih terpesona ketika scene Jolie sedang sendirian dalam film ini ketimbang saat scenenya terdapat Jolie dan Depp.

Plot ceritanya juga cenderung sederhana dan mudah ditebak. Sangat disayangkan memang ketika castnya sangat menarik untuk ditonton tetapi konten ceritanya kelewat sederhana. Ini menunjukkan kalau film bagus tuh bukan hanya ditentukan dari castnya yang baik , tetapi orang-orang dibelakang layarnya juga sangat berpengaruh dalam menentukan apakah suatu film bisa layak ditonton atau ngga. Dan satu lagi , bagus itu ngga selalu terkenal loh. Mungkin hal itu salah satu penyebabnya adalah The Tourist merupakan film kedua yang dibuat oleh sang sutradara , Florian Henckel von Donnersmarck (what a long name..). Cukup mengejutkan memang , baru film kedua tapi sudah berani bertaruh membuat film berbudget tinggi dan menggunakan cast yang aduhai pula. Tapi keberaniannya menurut gue boleh diacungin jempol untuk hal itu.

Pada akhirnya , The Tourist adalah film yang jalan ceritanya bisa kamu tebak sendiri saat filmnya belum selesai. Maaf untuk mengatakannya , tapi selain Angelina Jolie yang cantik dan memukau dari body languagenya dan juga daya pikat Jhonny Depp , ngga ada hal lebih yang ditawarkan di film ini. Ngga akan berasa ada yang kurang walaupun kamu menontonnya cuma lewat dvd. Jadi ngga usaj menyesal kalo kamu belom nonton film ini di bioskop..

Director : Florian Henckel von Donnersmarck

Cast : Angelina Jolie , Jhonny Depp , Paul Bettany, Steven Berkoff, Timothy Dalton

Release : 2010

You’ll like if You Like: The Bounty Hunter , Killers

Rate : 6/10

4 thoughts on “The Tourist (2010)

  1. eh om, tadi malem pas nonton siaran ulang golden globes, The Tourist disepet-sepet teruslaaah sama si pembawa acaranya. soalnya banyak kritik yg bilang filmnya jelek dan sebenernya ga pantes utk dinominasiin buat award apapun.. kecuali razzie, hahaha

  2. iya ceritanya agak tanggung untuk di sesuaikan ke genre action, malah lebih banyak ke dramanya. so what next? the american mungkin lebih action😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s