Hello Stranger (2010)

Sebelum menonton film ini , semua film thailand yang gue tonton adalah film-film horror. Alone , Shutter , The Hair , 4bia , 4bia 2 dan lain lain semuanya adalah film dengan genre horror. Guepun menganggap Thailand sebagai salah satu negara pembuat film horror berkualitas. Hal itu didukung dengan suasana dan setting Thailand yang ngga jauh beda dengan Indonesia, jadinya tercipta suasanan yang mendukung kala menonton film-film horror Thailand. Sutradara film ini , Banjong Pisanthanakun , adalah salah satu sutradara yang ikut ambil bagian dalam film 4bia dan 4bia 2. Buat yang udah nonton kedua film tersebut , pasti inget pada masing-masing film ada film yang menceritakan tentang anak-anak muda yang terlibat kejadian mistis tapi ceritanya dibawakan dengan lucu dan kocak. Nah kedua film itulah yang disutradarai oleh Banjong Pisanthanakun. Oleh karena itu , selepas menyutradarai 4bia dan 4bia 2 , Banjong Pisanthanakun  lebih terjun ke passion utamanya dalam membuat film yang bergenre lebih komedi. Maka hadirlah Hello Stranger ini.

Alasan kenapa gue menonton film ini adalah karena lagi-lagi faktor penasaran. Beberapa hari yang lalu saat duduk-duduk di himpunan bareng temen-temen yang lain. Ada temen gue yang namanya sebut saja Matius bercerita soal film ini. Dia cerita soal ceritanya yang bikin geregetan dan dia agak kesel sama karakter cowonya yang lama dan ngga ‘cepat tanggap’. Termakan cerita dia yang berapi-api , akhirnya gue menonton film ini yang ternyata adik gue udah punya dvd nya -_- .

Hello Stranger mengisahkan dua orang manusia , cowo dan cewe , yang pergi ke korea secara terpisah , tidak kenal satu sama lain , dan memiliki alasannya sendiri-sendiri untuk datang ke korea. Si cowo mengikuti sebuah tur ke tempat-tempat wisata di korea ,namun akhirnya berpisah dengan turnya karena ketinggalan bis di salah satu kota. Si Cewe pergi Korea dengan tujuan untuk menghadiri pernikahan temannya. Secara tidak sengaja kedua orang itu mengendarai pesawat yang sama saat menuju Korea. Lalu secara tidak sengaja mereka bertemu kembali di Korea pada saat Si Cowo tertidur di jalanan karena mabuk. Karena kasihan , si cewe menariknya masuk ke hotelnya dan si cowo di biarkan tidur di dekat pintu masuk hotel. Pertemuan itulah yang mengawali mereka terus bersama saat bersama di Korea.

Dengan tujuan membawa si cowo yang kesasar ke kelompok turnya kembali di kota berikutnya , si cowo dan cewepun melakukan perjalanan sambil mengunjungi tempat-tempat wisata di Korea. Lama kelamaan mereka semakin akrab dan mulai terbuka soal masalah percintaan masing-masing. Si Cowo , memilih sendirian dan menjauh dari mantannya karena sang mantan mengajaknya menikah. Ia yang merasa belum siap akhirnya lebih memilih menarik diri dan berusaha memikirkan hal tersebut. Sedangkan si cewe , baru saja diputuskan oleh cowonya melalui pembicaraan telfon karena si cewe berbohong kepada pacarnya , dan pacarnya yang kelewat posesif dan sensitif akhirnya memutuskannya.

Seiring berjalannya waktu , mulai muncul benih-benih cinta (halah) di antara mereka. Si cowopun ,melupakan turnya dan memilih bersama si cewe. Keadaan menjadi canggung saat sang cowo bingung apa perasaannya terhadap si cewe , ia takut ini hanya ilusi sementara saja karena mereka baru kenal beberapa hari. Si cewepun berpikiran sama , karena bahkan selama melakukan perjalanan itu , mereka ngga mengenal nama mereka satu sama lain. Hubungan mereka yang asalnya menyenangkan dan baik-baik saja menjadi terombang-ambing karenanya.

Bingung kenapa dari tadi gue nyebutnya si cowo dan si cewe ? Itu karena dalam film ini dua karakter utamanya ngga diperkenalkan namanya. Yang kocak kadang ketika mangil-manggil mereka berteriak “Hey ! You ! Yoou!” karena ga tau nama satu sama lain. Sang cowo Chantavit Thanasevi dan si cewe Neungtida Sophon menurut gue memiliki kemampuan akting yang bagus , chemistry yang mereka bangun sungguh luar biasa. Dan ditambah dengan dialog-dialog yang bagus dan cerdas , suasana yang dibangun dalam film ini sengguh menarik untuk ditonton. Mungkin bisa dibilang Hello Stranger adalah 500 Days of Summernya Asia , karena gue merasa kedua film ini memiliki touching point yang sama bagusnya untuk menyentuh hati penonton. Hello Stranger menjadi salah satu film komedi-romantis terbaik yang pernah saya tonton.

Kemudian dari segi cerita , benar-benar dituturkan dengan baik. Lemparan joke-joke pada beberapa scene diberikan secara berkala , yang membuat kita tertawa secara periodik. Tapi pada beberapa scene , terutama scene-scene terakhir , penonton juga bisa menjadi diam , merasa simpatik sama hal yang terjadi , dan gue yakin buat sebagian besar  penonton cewe , pasti bakal menteskan air mata. Jadi jangan lupa bawa tisu kalo mau nonton film ini ya .

Hello Stranger , memberikan alternatif bagi kamu-kamu yang suka nonton film-film Korea dengan genre serupa. Dengan film ini , mungkin film-film Thailand akan jadi semacam option lain dikala kamu bosan sama artis-artis Korea. Sejujurnya , gue sedih juga kenapa film Indonesia belum bisa menyajikan film seperti ini. Dengan cerita yang masih menyajikan kehidupan sehari-hari yang cenderung sederhana, Hello Stranger bisa mencuri perhatian dengan dialog yang bagus dan joke-joke yang kocak. Bahkan film ini juga secara ngga langsung memberikan sindiran terhadap remaja-remaja Thailand yang terlalu fanatik sama hal-hal yang berbau Korea sampai agak melupakan kultur budaya mereka sendiri. Gue sempat berpikir kapan ya film-film komedi-romantis Indonesia bisa menyajikan ide yang fresh seperti ini, tanpa menghadirkan setan-setan dan keseronokkan dalam filmnya. Syukur-syukur sinetron-sinetron yang bisa ditonton setiap hari oleh semua orang tanpa mengeluarkan biaya bisa menghadirkan kualitas yang serupa dengan Hello Stranger ini. Oke , sekian curhat dari gue hehe , selamat menonton Hello Stranger !

Director : Banjong Pisanthanakun

Cast : Chantavit Dhanasevi, Nuengthida Sophon, Chantawit Thanasewee

You’ll Like If You Like : 500 Days of Summer , My Sassy Girl

Release : 2010

Rate : 8/10

One thought on “Hello Stranger (2010)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s