The King’s Speech (2010)

Suatu saat gue pernah berpikir , sebenernya kriteria film yang pantes menang Oscar tuh yang gimana sih ? Apakah yang pemain-pemainnya semua terkenal ? Apakah ceritanya harus sangat cutting edge ? Ataukah ceritanya harus sederhana tapi menarik dan  mudah disimak ? Atau sebuah film yang pantes dapet Oscar adalah film yang mempunyai semua kriteria yang gue sebutin tadi ? Sampai suatu saat berkat promosi edan-edanan dari semua yang pernah nonton film ini , akhirnya gue menonton The King’s Speech dan akhirnya gue tahu bagaimana film yang layak (banget) dapet Oscar.

Film ini menceritakan sebuah kisah historis dari King George VI , suami dari ratu Elizabeth yang memiliki kesulitan untuk berbicara secara lancar. Setelah kematian ayahnya dan juga mundurnya sang kakak dari posisi Raja , Bertie yang diperankan oleh Colin Firth enggan memberikan tahta kerajaan kepada orang lain , walaupun dirinya sering merasa terganggu karena ia selalu terbata-bata dan sulit untuk berbicara lancar pada saat melakukan pidato kenegaraan.

Bertie yang akhirnya mengambil alih tahta kerajaan , meminta bantuan seorang ahli terapi bernama Lionel Logue yang diperankan oleh aktor senior sata pengalaman , Geoffrey Rush untuk menyembuhkannya. Melalui teknik-teknik penyembuhan yang jarang dilakukan dan meninggalkan cara kuno , Logue yang berperan lebih sebagai sahabat ketimbang dokter pribadi sang raja , berhasil menumbuhkan rasa keberanian dan memunculkan suara Raja George untuk memimpin negerinya.

Sang sutradara Tom Hooper , menurut gue sangat baik dalam pensuasanaan film dan mengatur mood filmnya . Dengan tema yang ngga begitu rumit , ia berhasil membuat sebuah film yang meluapkan perasaan masing-masing karakter dengan sangat apik. Dibantu oleh Colin Firth dan Geoffrey Rush , dengan apik mereka bisa menggambarkan bagaimana kalutnya King George VI dalam melakukan sebuah pidato , dan bagaimana perasaan Lionel Logue yang ingin menjadi seorang seniman , yang pada akhirnya total membantu King George VI menyembuhkan penyakitnya.

Ada hal yang menarik yang ada di film ini , bagaimana seorang Bertie yang adalah seorang raja yang memerintah Inggris Raya , tetap saja dibalik semua tahta dan kuasanya hanyalah orang biasa. Yang membutuhkan teman dalam melawan segala kekurangannya. Poin penting yang bisa kita ambil adalah berarti kita yang masih biasa-biasa juga bisa seperti dia , menjadi ‘seseorang’ yang bisa memberikan perubahan walaupun dengan segala keterbatasan yang ada.

Buat yang sudah trauma nonton film-film yang diangkat dari peristiwa sejarah , jangan takut buat nonton film ini , karena film ini sama sekali ngga membosankan kok. Tema yang diangkat lebih menitikberatkan ke keadaan sosial King George VI ketimbang kejadian sejarah yang terhadi dimana Inggris mendeklarasikan perang melawan komunis. Jadi di film ini ngga ada scene-scene membosankan yang bakal bisa kita ngantuk kok , permainan hati sangat ditonjolkan di film ini.

Kalo masih ragu soal kualitas film ini , liat aja daftar pemenang Golden Globes 2011 dimana film ini mendapatkan Best Actor dan juga masuk ke jajaran nominasi Oscar dalam berbagai kategori. Selain mendapat kepuasan karena filmnya oke , kita juga bisa nambah pengetahuan sejarah kita . Kapan lagi sejarah bisa menyenangkan ?😀

Director : Tom Hooper

Cast : Colin Firth , Geoffrey Rush, Helena Bonham Carter, Paul Trussell, Derek Jacobi

Release : 2010

You’ll like if You Like: Munich , The Pianist

Rate : 9/10


2 thoughts on “The King’s Speech (2010)

  1. I want to see this movie. I think Geoffrey Rush should have got the Golden Globe, not Colin Firth. Dumb arrogant American Hollywood luminaries… can’t see talent when it stares them in the face…

    • yeah i agree with you dude , Rush shows the quality of an actor should be, if only Golden Globes can gave trophies for both of them , it’s a hard decision you know ..

      btw thanks for the comment , really appreciate it😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s