Men Of Honor (2000)

Satu lagi film yang di dalamnya terdapat isu mengenai rasisme. Gue ngga bisa membayangkan pada saat itu , sebuah warna kulit akan menunjukkan kamu bakal dihargai atau tidak. Bagaimana hal itu sangat mempengaruhi hidup seseorang selamanya.  It’s kinda creepy to live in that moment. Semoga saat ini hal itu sudah ngga ada dan kalaupun masih tersisa, semoga hal-hal konyol semacam itu cepat berakhir.

Men Of Honor menceritakan seorang lelaki Afrika-Amerika bernama Carl Brashear (Cuba Gooding Jr) yang berasal dari keluarga tidak berkecukupan dan ayahnya adalah seorang petani. Ayahnya tidak ingin Carl berakhir seperti dirinya , akhirnya Carl dimasukkan ke angkatan laut dan ayahnya berpesan agar Carl tidak pulang sebelum ia sudah sukses. Namun harapan untuk merintis karir di AL langsung pudar karena ternyata orang berkulit hitam hanya dijadikan sebagai koki. Carl yang benar-benar berharap menjadi orang yang berhasil di AL berusaha menyingkirkan perlakuan rasis oleh anggota AL yang lain dan ia nekat berenang pada saat hari berenang untuk orang kulit putih.

Pada saat berenang , ternyata kecepatan renangnya melebihi perenang tercepat kulit putih AL. Salah satu Kapten yang melihat hal itu langsung mempromosikan Carl ke bagian AL walaupun menduduki jabatan terendah. Carl yang ingin sukses di AL meminta kaptennya untuk memasukkannya ke sekolah menyelam untuk AL. Sang kapten yang memberitahu Carl bahwa ia akan menjadi orang kulit hitam pertama di sekolah itu dan rasisme di sana akan semakin keras berusaha melarang Carl. Tapi Carl tidak menyerah dan akhirnya ia bisa masuk ke sekolah selam tersebut.

Di sekolah selam tersebut, Carl mendapat perlakuan mengenakkan bukan hanya dari murid-murid lainnya , tetapi juga dari pengajar dan kapten yang ada di sana yang bernama Billy Sunday (Robert De Niro). Hari demi hari dilewati Carl dengan segala makian, pengucilan dan sikap tidak menyenangkan dari orang-orang di sekitarnya, terutama Billy. Hal itu diperparah dengan nilai ujian Carl yang mengecewakan. Teringat janjinya terhadap sang ayah , Cal terus berusaha menjadi yang terbaik walaupun keadaan tidak pernah menguntungkan baginya.

Secara keseluruhan , film ini menceritakan tentang kehormatan. Kehormatan Carl Brashear yange berambisi untuk menjadi penyelam kulit hitam pertama untuk AL Amerika Serikat. Dan juga kehormatan Billy Sunday yang memiliki karir yang buruk dan terus turun sehingga ia berusaha memperbaikinya. Pada akhirnya , kedua orang ini saling membantu untuk memperoleh kemenangan bersama yang akan membawa kehormatan bagi dirinya masing-masing.

Buat yang sudah menonton Pearl Harbor, pasti sudah melihat Cuba Gooding Jr dalam film itu. Di Pearl Harbor , ia juga berperan menjadi seorang juru masak sebuah kapal Amerika yang akhirnya dibombardir Jepang. Mungkin agak aneh Cuba Gooding Jr muncul di film itu hanya sebagai figuran , padahal di film ini (Men Of Honor) ,Cuba Gooding Jr adalah pemeran utamanya dan film Pearl Harbor adalah film yang muncul belakangan setelah Men Of Honor muncul. Tapi ngeliatnya jadi sedikit nyambung, kemunculan Cuba Gooding Jr di Pearl Harbor jadi semacam spio off dari karakternya di film ini. Entah sengaja entah tidak.


Di Internet gue lihat , film ini kurang mendapatkan reposn positif dari para kritikus. Mungkin karena ada beberapa adegan ‘kosong’ yang ngga terlalu banyak berpengaruh terhadap plot utam afilmnya sehingga banyak adegan yang cenderung ngga penting. Alurnya juga lambat dan kurang menarik untuk diikuti. Tapi di sisi lain, buat gue film ini punya banyak pesan yang bagus , bagaimana seorang manusia mempertahankan harga dirinya , yang caranya mempertahankan diri bermacam-macam sesuai orangnya , lalu bagaimana seseorang membalas budi . Mungkin hal-hal moril seperti ini yang menjadi concern utama sang sutradara ,George Tillman, Jr. untuk disampaikan kepada para penonton. Sekedar informasi , ternyata George Tillman, Jr. ngga terlalu banyak menyutradarai film , di IMDB dia tercata hanya menyutradarai 6 judul film saja , agak mengejutkan menurut gue karena dia punya kemampuan yang bagus dalam menyutradarai film. Hal ini bisa dilihat pada film terbarunya tahun 2010 kemarin , Faster yang dibintangi Dwayne “The Rock” Johnson yang mendapatkanrespon cukup positif.

Director : George Tillman, Jr

Cast :  Cuba Gooding Jr, Robert De Niro, Charlize Theron, Aunjanue Ellis, Hal Holbrook, Carl Lumbly

You’ll Like If You Like : Pearl Harbor

Release : 2000

Rate : 8/10


One thought on “Men Of Honor (2000)

  1. Pingback: Man Of Honor – Dwi Rahmawati Agustin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s