Tangled (2010)

Tangled , atau diketahui juga dengan judul lain Rapunzel , adalah film ke-50 yang diproduksi oleh Disney Classic dan merupakan film pertama dari Disney Classic yang disajikan diluar pakem 2D seperti film-film sebelumnya. Film ini adalah film pertama dalam format 3D yang dibuat dengan menggunakan teknologi CGI yang juga menjadi film Disney Classic pertama yang bisa ditonton secara 3D. Jadi dengan ini , Disney telah melakukan suatu lompatan bersejarah dimana mereka telah ikut ke pakem mainstream yang lagi marak sekarang ini , yaitu menyajikan film-film dalam format 3D.

Tangled menceritakan seorang cewe bernama Rapunzel , yang merupakan putri suatu kerajaan yang memiliki sejarah kelahiran yang menakjubkan. Ketika masih dalam kandungan , ibunya mengalami suatu penyakit yang tidak bisa disembuhkan oleh tabib kerajaan. Beredar suatu kabar ada sebuah bunga yang bisa menyembuhkan segala penyakit dan membuat awet muda. Akhirnya sang raja memerintahkan pengawalnya untuk membawa bunga tersebut untuk mengobati sang ratu. Setelah mendapatkan bunga itu , sang ratu kembali sembuh dan Rapunzel bisa lahir dengan selamat.

Namun sang pemilik bunga itu sebelumnya , Mother Gothel yang menggunakan bunga itu untuk mendapat keabadian dendam kepada sang raja dan pada suatu malam akhirnya ia menculik Rapunzel. Mother Gothel menemukan hal tak terduga ternyata rambut Rapunzel juga bisa membuatnya tetap awet muda. Akhirnya Mother Gothel mengurung Rapunzel dalam sebuah menara di dalam hutan sampai ia berusia 15 tahun. Rapunzel yang sudah remaja bosan tinggal di dalam menara dan penasaran dengan dunia luar. Namun keinginannnya untuk melihat dunia selalu dihalangi Mother Gothel yang mengatakan dunia luar berbahaya untuk Rapunzel yang rapuh.

Sampai suatu hari , ada seorang pencuri bernama Flynn Ryder yang masuk ke menara Rapunzel untuk bersembunyi. Rapunzel menawarkan kesepakatan jika Flynn membawanya ke kerajaan untuk melihat lampion yang berterbangan setiap setahun sekali , maka Rapunzel akan mengembalikan barang yang diinginkan Flynn. Akhirnya kesepakatan dicapai dan Rapunzel mulai menapaki dunia luar yang selama ini hanya bisa ia lihat dari jendela menaranya.

Tangled seperti membawa gue ke masa kecil saat zamannya Hercules , Lion King , Poca Hontas (do i spell it right?) atau bahkan Aladdin. Film-film itu punya ciri khas yang sama yang membuat gue selalu tertarik menonton filmnya . Bahkan dulu gue punya VCD Hercules yang gue tonton berulang-ulang dan gue ngga bosen-bosen nontonnya. Because it’s worth to watch over and over again. Selalu ada suasana menarik ketika menonton film-film Disney. Bawaan dari kecil kali ya. Film ini hadir juga membawa nuansa klasik yang menyenangkan seperti film-film Disney Classic terdahulu. Hadir dengan lagu, komedi , cerita cinta , dan karakter yang unik dan menghibur.

Walaupun ceritanya sederhana dan cenderung mudah ditebak. Itu ngga membuat kita akan merasa bosan ketika menonton film ini. Aksi-aksi yang ditawarkan pada setiap scene , lagu-lagu yang dinyanyikan , dan juga dialog-dialog yang menawan akan tetap menjaga kita untuk tetap antusias saat menonton film ini. Hal itu didukung juga dengan peningkatan grafik yang disajikan. Jika dulu kita harus berpuas diri dengan gambar 2D , maka dengan menonton Tangled , kita juga bisa mendapatkan nilai tambah karena kita juga bisa menontonnya dalam format 3D.

Lalu hal yang paling menarik dari film ini adalah endingnya. Sunguh ending yang khas dari film-film Disney dimana yang baik selalu menang dan mereka yang menang akan bahagia di akhir cerita. Cukup menawan menurut gue , ketika kebanyakan film yang gue tonton adalah film yang menegangkan dan moodnya dark , Tangled hadir dengan suasana yang menyenangkan dan menghibur untuk ditonton dan gue akui gue menikmati saat menonton film ini. Salah satu film animasi terbaik yang pernah gue tonton !

Director : Nathan Greno, Byron Howard

Cast : Mandy Moore, Zachary Levi, Donna Murphy, Ron Perlman, M.C. Gainey

Also Known As :Rapunzel

You’ll Like If You Like : Hercules , How To Train Your Dragon , Aladdin

Release : 2010

Rate : 8/10


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s