District 9 (2009)

Jujur aja gue bukan orang yang terlalu suka sama film-film berjenis science-fiction. Film-film bergenre ini kebanyakan yang sudah gue tonton ceritanya aneh , mencoba menggabungkan ilmu pengetahuan sebenarnya tetapi kita sudah tahu kalo ini ngga mungkin terjadi dalam kehidupan nyata , setidaknya sampai saat ini.

Tapi anggapan gue terhadap Sci-Fi movies sedikit berubah setelah menonton District 9. Film ini menggabungkan sebuah hal yang masih fiksi menurut kita , tapi disajikan dengan kemasan yang menarik sehingga saat kita menontonnya solah-olah film ini adalah sebuah film dokumenter dengan kejadian yang benar-benar terjadi.

Pada tahun 1982 , sebuah UFO yang sangat besar mendarat di bumi , di kapal itu berisikan sekitar satu juta makhluk asing yang akhirnya disebut oleh manusia bumi sebagai The Prawns karena bentuk muka makhluk-makhluk itu mirip seperti udang . Karena kapal makhluk asing itu rusak ,akhirnya alien-alien tersebut ditempatkan di sebuah kawasan khusus alien di Johannesburg , Afrika Selatan yang dianamakan District 9. Lama kelamaan , masyarakat manusia yang berada di kawasan tersebut jengah dengan keberadaan The Prawns dan mereka mengintervensi pemerintah untuk memindahkan alien-alien itu ke tempat lain yang jauh dari manusia.

Akhirnya dilakukan operasi pemindahan alien ke District 10 , namun hal menjadi sulit ketika salah satu aparat pemerintah , Wikus Van De Merwe (Sharlto Copley) terinfeksi oleh cairan kimia yang dibuat oleh alien dan lama kelamaan tubuhnya mulai berubah menyerupai The Prawns. Manusia lain yang tamak dan haus akan pengetahuan baru ini , meneliti Wikus dan mulai melakukan percobaan-percobaan tidak beradab kepada Wikus. Wikus yang tidak tahan akahirnya melarikan diri dan memikirkan sebuah solusi yang sulit untuk dilakukan tetapi masih mungkin , bekerja sama dengan alien yang lain untuk mengembalikan tubuh manusianya seperti sedia kala .

Walaupun District 9 adalah sebuah film science fiction , tetapi film ini sangat terasa sekali momen-momen menyedihkan yang sering terjadi di film-film drama. Aksi-aksi seru adegan tembak-menembak antara agen pemerintah , gangster dan para alien semakin melengkapi film ini dengan segi actionnya. Jadi boleh dibilang film ini sangat lengkap dalam urusan memuaskan penonton dari berbagai macam jenis genre. PEnyajian film ini yang menggunakan format semi-dokumenter juga merupakan suatu hal yang di luar kebiasaan dan membuat filmnya semakin enak ditonton. ga seperti film kebanyakan yang diceritakan dari satu sudut pandang atau dinarasikan , menonton film ini menjadi seolah-olah kita sedang menonton berita .

Secara mengejutkan film ini menurut gue sangat keren mengingat gue sama sekali ngga tahu sutradara dan pemain-pemainnya. Paling belakangan gue tahu bahwa sang pemeran utama Sharlto Copley juga turut ambil bagian dalam film The A-Team . Tapi selebihnya , gue ngga tahu menahu siapa pemain-pemain yang lain. Sang sutradara , Neill Blomkamp sejauh ini baru menggarap 6 judul film termasuk District 9 , dan hebatnya lagi adalah film ini mendapatkan empat nominasi Oscar pada tahun 2009 . Setelah Avatar , District 9 adalah film yang bisa mengekplorasi teknologi CGI dengan sangat baik dan penggunaannya menurut gue sangat maksimal dalam kedua film tersebut.

Buat yang belum nonton District 9 , gue saranin untuk cepat-cepat menonton , apalagi buat kamu-kamu yang memang doyan dengan film-film Sci-Fi yang bakal membuat kita berpikir spekulatif tentang kemungkinan hal-hal yang terjadi di film ini bisa jadi kenyataan. Film ini ngga gue sarankan untuk orang-orang yang selalu serius menyikapi semua hal. Besides the science , it’s only a fiction my friend😀

Director : Neill Blomkamp

Cast : Sharlto Copley, Jason Cope, Jed Brophy, William Allen Young, Nathalie Boltt

Runtime : 112 minutes

You’ll Like If You Like : Avatar , Terminator Salvation

Release : 2009

Rate : 8/10


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s