The Pianist (2002)

Beberapa film terakhir yang gue tonton berhubungan dengan peristiwa sejarah pembantaian kaum Yahudi oleh NAZI. Film ini juga menyajikan hal yang sama dari sudut pandang yang berbeda. The Pianist menceritakan seorang pianist Yahudi asal Polandia Wladyslaw Szpilman , dan juga keluarganya yang mengalami masa-masa kelam pada saat itu.

Szpilman dan keluarganya mengalami pengucilan yang dilakukan oleh tentara Jerman pada saat itu , dipojokkan ke sudut-sudut kota , mengalami kerja paksa , kelaparan , dan akhirnya kehilangan seluruh anggota keluarganya yang dibantai. Szpilman , yang dibantu oleh temannya berhasil lolos dari proses pembantaian dan berhasil hidup dengan cara berpindah-pindah di bawah perlindungan rekan-rekan Jermannya yang sesama seniman.

Sampai akhirnya ia harus berusaha hidup seorang diri , hidup mengendap-ngendap karena sudah tidak ada orang yang melindunginya. Rasa kesepian , kehilangan , dan trauma karena seringnya melihat dan merasakan tragedi-tragedi terus menghantui hari-hari Szpilman. Disini juga kita bisa melihat letupan-letupan angan Szpilman yang berharap semuanya kembali damai seperti sediakala walaupun ia tahu tidaka akan pernah bisa kembali ke kebahagiaan lamanya bersama keluarganya.

Wladyslaw Szpilman , adalah satu orang berutung pada saat itu karena bisa lolos dari kematian yang dialami oleh sebagian besar kaum yahudi lainnya . Roman Polanski menyajikan film ini dengan brilian , terutama mengenai property yang ia gunakan sangat membuat kita merasakan suasana pada zaman itu. Properti dan efek  yang digunakan setara dengan film legendaris Life Is Beautiful , bahkan Inglorious Basterds yang dirilis pada dekade yang sama menurut gue berada satu tingkat dibawah kedua film ini untuk urusan pensuasanaannya.

Polansi menyajikan film ini dengan baik walaupun banyak scene yang kosong tanpa dialog. Pembantaian yang dilakukan tentara Jerman dengan semena-mena terasa kehororrannya dalam film ini. Hal itu tambah bagus lagi dengan akting Adrien Brody yang mendapatkan Oscar melalui film ini. Intinya film ini bisa membawa emosi para penonton . Terkadang gue merasa ada harapan yang muncul tapi kemudian di scene selanjutnya harapan itu langsung hilang. Mood kita bakal bener-bener jungkir balik di film ini .

Sekedar saran , kalo lo punya waktu luang yang cukup banyak, coba tonton film-film dibawah ini dengan waktu yang berdekatan. Karena film-film tersebut menceritakan peristiwa yang waktunya cukup berdekatan sehingga kita bisa merasakan keadaan pada zaman itu dari berbagai sudut pandang , lumayan buat nambah ilmu sejarah kita😀

1. Inglorious Basterds
2. The King’s Speech
3. Life Is Beautiful
4. The Pianist

Director : Roman Polanski

Cast : Adrien Brody , Emilia Fox, Ed Stoppard, Michal Zebrowski, Julia Rayner

You’ll Like If You Like : Inglorious Basterds, Life Is Beautiful

Release : 2002

Rate : 8/10


One thought on “The Pianist (2002)

  1. Pingback: The Pianist (2002) | Film Baru Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s