Before Sunrise (1995)

Yesterday strangers , today inseparable soulmates.

Before Sunrise menceritakan pertemuan dua orang manusia di dalam sebuah kereta yang sedang merayap ke Venice , Italia. Adalah Jesse dan Celine , dua jiwa kesepian yang dipertemukan Tuhan di kereta tersebut berkat bantuan pasangan suami-istri Jerman yang sedang bertengkar , yang menyebabkan Celine pindah tempat duduk dan akhirnya duduk di seberang kursi Jesse. Ngga disangka , pertemuan itu membawa mereka ke satu hari paling menyenangkan dalam hidup mereka.

Keduanya , yang baru saling mengenal dan ternyata tertarik satu sama lain , memutuskan untuk turun di Venice dan menikmati satu hari bersama dengan mengunjungi tempat-tempat yang menurut mereka menyenangkan. Seiring berjalannya waktu , perasaan yang ada di hati mereka masing-masing semakin menguat dan hal itu ngga bisa mereka sembunyikan lagi. Akhirnya mereka mengakui rasa tersebut dan mulai menunjukkannya dengan jujur. Sampai pada akhirnya waktu semakin sempit , yang membuat setiap detik terasa berharga, mereka mulai merasa ketakutan tak bisa saling bertemu lagi. Rasa takut kehilangan yang besar padahal 24 jam sebelumnya mereka ngga saling memiliki , bahkan saling mengenalpun tidak. Sebuah keputusanpun diambil untuk menyikapi hubungan mereka yang singkat namun berkesan.

Before Sunrise menghadirkan kisah romansa terabsurd , terrandom , dan juga tersulit yang bakal gue terima dengan akal sehat di kehidupan nyata . Yah bayangkan saja ada stranger di sebuah kereta yang sedang kita tumpangi untuk mengunjungi seorang teman ,yang kemudian mengajak kita makan , mengobrol sekitar setengah jam lalu berkata : “Gimana kalo kita turun dari kereta ? Kita bisa jalan-jalan di Venice , menikmati satu hari dan berharap kita semua menikmatinya , karena saya sangat tertarik sama kamu”. Yang kemudian satu kalimat itu menjadi sihir bagi orang yang satunya yang rela menjelajahi kota yang sama-sama baru mereka kunjungi untuk pertama kali , dan seiring berjalannya waktu perlahan-lahan tumbuh perasaan saling memiliki sampai akhirnya 24 jam kemudian , ketika mereka berpisah , seperti pasangan yang sudah nikah 20 tahun dan akan berpisah 20 tahun juga.

Mungkin buat yang belum nonton akan menyangka film ini lebay (dan kalo dipikir-pikir memang lebay juga sih) , tapi kalo temen-temen menyaksikan adegan per adegan dalam setiap scene , hal-hal yang terjadi kepada Jesse dan Celine dan percakapan yang mereka obrolkan . Gue jadi berpikir di akhir film kalo pada akhirnya mereka berdua  menjadi kasmaran akut satu sama lain ,itu adalah hal yang pantas mereka dapatkan setelah mereka menjalani semuanya pada satu hari tersebut. Hal yang paling berperan menurut gue adalah dialog yang dilakukan oleh Jesse dan Celine. Dialog romantis , jujur dan apa adanya menurut gue menarik untuk disimak . Apalagi sekitar 90% durasi film ini adalah kita mendengarkan dialog dari kedua karakter utamanya. Akting dari Ethan Hawke (Jesse) dan Julie Deply (Celine) menurut gue juga sangat membantu terbentuknya mood di film ini. Menurut gue kalo yang memerankan Jesse dan Celine bukan mereka berdua , gue ngga yakin Before Sunrise akan menghasilkan kualitas yang sama.

Dalam sebuah film , banyak faktor yang mempengaruhi suasana atau mood filmnya. Akting artisnya , backsound (yang biasa dibangun untuk membentuk mood di film action dan horror) , tapi gue ngga menyangka ada film yang bisa membangun moodnya dari percakapan , dari dialog yang terus menerus diucapkan oleh Jesse dan Celine di film ini. Bahkan saat pertama-tama gue mikirnya ini orang berdua ngga bosen apa yang ngobrol mulu kerjaannya (-_-), karena memang yang menjadi plot utama adalah kedua orang itu yang melakukan percakapan sambil menyusuri kota Venice.

Ada dua scene yang menurut gue oke banget , pertama adalah saat Jesse dan Celine naik sebuah bus , dari mereka naik bus sampai mereka turun , mereka terus saja ngobrol ngalor ngidul. Tapi hebatnya itu semua hanya dilakukan dalam satu kali take ! Lalu scene selanjutnya , masih ketika mereka mengobrol , pada saat hari sudah mulai malam , mereka masuk ke sebuah bar kecil dan bermain game pinball di sebuah mesin pinball klasik. Jesse dan Celine bermain secara bergantian tetapi tetap sambil ngobrol , dan lagi-lagi hanya dalam satu take saja. Butuh konsentrasi yang tinggi saat manin pinball sambil mengingat scenario yang harus diucapkan, dan menurut gue mereka melakukannya dengan baik. Lalu ada scene yang menurut gue keren , yaitu saat ada pembuat puisi jalanan yang menantang mereka untuk memberikan satu kata yang harus dia jadikan puisi , dan jika Jesse dan Celine menyukai puisinya , mereka boleh membayar sang pembuat puisi jalanan itu dnegan uang berapapun. Puisi yang dihasilkan sangat menyentuh dan sangat keren kata-katanya , padahal keyword yang diminta Jesse dan Celine adalah “Milkshake” (ada videonya di bawah).

Before Sunrise , memberikan sebuah kisah romantis keren nan liar yang jarang ada. Dan bakalan lebih jarang ada lagi di kehidupan nyata. Sangat gue rekomendasikan buat yang doyan film-film romance dengan suasana yang membahagiakan , tanpa perlu adegan-adegan yang didramatisasi agar lebih menarik. Dialog kedua tokohnya akan menunjukkan sendiri kualitas ceritanya. Lagi-lagi , peringatan untuk cewe-cewe , jangan lupa sediakan tisu !

Director : Richard Linklater

Cast : Ethan Hawke , Julie Deply

Release : 1995

Duration : 105 Minutes

You’ll Like If You Like : Before Sunset , Hello Stranger

Rate : 8/10

One thought on “Before Sunrise (1995)

  1. Pingback: Before Sunrise (1995) | Film Baru Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s