Spirited Away (2001)

Salah satu film animasi paling menarik yang pernah gue tonton. Sebelum menonton film ini , kebanyakan film yang gue tonton adalah produksi Amerika . Setelah menonton film ini gue jadi lebih penasaran untuk mengeksplor film-film animasi jepang . Walaupun kebanyakan film animasi jepang masih dalah format 2D , itu ngga akan mengurangi keasyikan nonton filmnya kalo emang filmnya bagus. Dan gue adalah salah satu orang yang setuju kalo film animasi (say it kartun) lebih cocok disajikan dalam format 2D , lebih ngena aja kalo menurut gue..

oke kembali ke filmnya , Spirited Away menceritakan tentang petualangan seorang gadis bernama Chihiro yang tersesat ke dunia yang dihuni oleh para dewa , penyihir , monster dan hantu . Ia terjebak di dalamnya dan parahnya lagi kedua orang tuanya terlalu terpana akan keadaan dunia tersebut sampai akhirnya keduanya dirubah menjadi dua ekor babi karena terlalu rakus. Chihiro yang ketakutan tetapi tidak bisa pulang kembali ke dunia nyata karena harus menolong kedua orang tuanya terlebih dahulu mendapat pertolongan dari salah satu roh yang ada di dunia tersebut yang bernama Haku , yang berjanji akan menyelamatkannya walaupun sebenarnya Chihiro tidak mengetahui darimana asal-usul Haku.

sembari menunggu waktu yang tepat dan sebenarnya cara untuk mengembalikan kedua orang tuanya menjadi manusia kembali , Chiriro terlibat lebih jauh di dunia tersebut sampai akhirnya ia bekerja di suatu tempat pemandian untuk salah satu penyihir yang ada di dunia aneh itu. Di tempat itu ia mulai mengetahui dunia apa yang ada di hadapannya sekarang beserta rahasia-rahasia yang ada di dalamnya. Semakin lama ia terlibat semakin jauh sampai terlibat masalah yang mengancam nyawanya sendiri dan kedua orang tuanya .

Film ini disutradarai oleh Hayao Miyazaki , salah seorang sutradara film animasi terbaik yang dimiliki oleh Jepang. Film ini menyajikan imajinasi-imajinasi yang ada di benaknya dengan sangat baik , menyentuh dan detil . Kalo kita ngga peka dan ngga erlalu memperhatikan , mungkin film ini hanya akan jadi sekedar film animasi yang biasa saja untuk dilihat dan tanpa makna. Tapi menurut gue , film ini menyajikan letupan-letupan emosi yang terus menerus dan bisa membuat hai yang emnontonnya tersentuh. Bagaimana Chihiro membantu Haku , dan roh-roh yang ada di dunia para dewa itu , dan bagaimana perjuangannnya untuk menolong orang tuanya yang menghiraukan dia membuat film ini sangat emosional.

Film ini menurut gue mendapatkan oscar karena faktor pensuasanaan ceritanya yang baik , ketimbang faktor efek-efek yang memanjakan mata.Menurut gue , pikiran-pikiran masa kecil Hayao Miyazaki pada saat ia masih kecil banyak yang dituangkan dalam film ini. Spirited Away adalah refleksi dari Hayao Miyazaki sendiri.

Buat yang gemar menonton film animasi buatan Amerika , mungkin agak ‘kagok’ menonton film ini. Di sini ngga ada banyolan-banyolan dari dialog atau hal yang dilakukan si tokoh seperti Ice Age atau Madagascar . Ngga ada juga kisah romantis seperti Cinderella atau bahkan Wall-E sekalipun. Tapi Spirited Away bakal menyentuh hati kita dari sisi yang lain. Memang film ini adalah film murni fiksi , imajinasi sang sutradara. Tetapi menurut gue banyak nilai-nilai hidup dan kebaikan yang bisa diambil dari film ini. Spirited Away adalah salah satu film animasi yang menurut gue layak untuk ditonton.

Director : Hayao Miyazaki

Also Known As : Sen to Chihiro no kamikushi

Cast : Rumi Hiragi, Miyo Irino, Mari Natsuki , Takashi Naito , Shiro Saito

Release : 2001

Duration : 125 Minutes

You’ll Like If You Like : Lupin The 3rd , Ponyo

Rate : 8/10


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s