Panic! At The Disco – Vices & Virtues

Tracklist :
1. The Ballad f Mona Lisa
2. Let’s Kill Tonight
3. Hurricane
4. Memories
5. Trade Mistake
6. Ready to Go (Get Me Out of My Mind)
7. Always
8. The Calendar
9. Sarah Smiles
10. Nearly Witches (Ever Since We Met)

Setelah sekian lama menunggu , akhirnya keluar juga album ketiga dari Panic! at The Disco (P!ATD) dengan judul Vices & Virtues ini. Dengan line up yang tersisa menjadi hanya tinggal dua orang saja (Brendon Urie dan Spencer Smith) , musik P!ATD menjadi perbincangan apakah akan hadir dengan format musik yang dinamis seperti album pertama , beat yang santai seperti album kedua , atau malah P!ATD akan hadir dengan nuansa yang benar-benar baru dan meninggalkan pakem bermusik mereka sebelumnya.

Pertanyaan tersebut akhirnya terjawab dengan dirilisnya album ini. Di album ini P!ATD hadir dengan nuansa yang sedikit berbeda dengan kedua album sebelumnya. Atau kalo boleh gue bilang musiknya agak mencampur adukkan  genre musik yang ada di kedua album selelumnya. Lagu-lagu di album Vices & Virtues ini hadir dengan beat yang dinamis seperti album pertama mereka (A Fever You Can Sweat Out) , tetapi nuansa musiknya juga masih terasa klasik seperti album keduanya (Pretty Odd) . Tetapi kalo ditanya lagi lebih mirip yang mana , gue akan menjawab musik di album ini mayoritas lebih condong mengarah ke album pertama dengan beat yang ngga terlalu kecang dan atraktif namun tetap dinamis.

Hal tersebut menurut gue menjadi jawaban kenapa musik P!ATD menjadi sangat berbeda pada album keduanya. Musik album pertama dengan nuansa pop-rock yang sangat kental , mendadak berubah drastis menjadi classic pop mirip-mirip band legendaris The Beatles pada album kedua . Mungkin itu sedikit banyak adalah pengaruh dari ex gitarisnya yaitu Ryan Ross. Pada album ini ketika Ryan Ross sudah keluar , musik P!ATD kembali lagi mirip-mirip album pertama , dengan beat pop-rock theatrical yang atraktif.

Secara keseluruhan lagu-lagu di album ini menarik untuk didengar. P!ATD menyajikan musik dengan tempo cepat seperti Hurricane dan Trade Mistakes. Ada juga lagu dengan tempo sedikit lebih rendah seperti Always dan Sarah Smiles. yang menarik menurut gue adalah di album ini walaupun dengan beat yang tinggi , sering diselipkan dalam satu lagu tiba-tiba beatnya menurun seperti The Ballad Of Monalisa dan The Calendar (my favourite) . Lalu yang menarik lagi dalam album ini ada satu lagu yang intronya mirip musik melayu (mirip lagu-lagu di film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi). Lagu yang mana? Coba denger albumnya segera..

Artist : Panic! At The Disco

Label : Decaydance / Fueled By Ramen

Genre : Pop-Rock-Theatrical

Recommended Songs : The Calendar , The Ballad Of Mona Lisa , Ready to Go (Get Me Out of My Mind) , Hurricane

Rate : 8/10

2 thoughts on “Panic! At The Disco – Vices & Virtues

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s