The Shawshank Redemption (1994)

10/10 The best movie that i ever watched .

kalimat dan rate di atas berlebihan? mungkin akan terpikir begitu kalo belom melihat filmnya. Tapi setelah menonton film ini , gue yakin sebagain besar dari penonton akan memberikan apresisasi yang sama dengan gue.

Andy Dufresne adalah seorang pengusaha muda dan sukses yang hidupnya berubah drastis karena ia dijebloskan ke dalam penjara akibat tuduhan pembunuhan terhadap istrinya dan selingkuhan istrinya. Di penjara , ia menjadi seorang tahanan yang berbeda dari tawanan pada umumnya. Ia kemudia bersahabat dengan penghuni veteran di penjara Shawshank yang bernama Red , orang yang telah dipenjara hampir 50 tahun dan mempunyai profesi sebagai seorang penjual barang yang tidak bisa didapatkan di penjara itu.

Di Shawshank , Dufresne , Red , dan tahanan lainnya saling bertukar cerita mengapa mereka bisa masuk penjara. Disaat semua orang membuat lelucon bahwa mereka dipenjara padahal tidak berbuat apa-apa , Dufresne bercerita dengan jujur bahwa ia tidak menembak istrinya , sebuah pengakuan yang membuat para tahanan tertegun. Dari kehidupan barunya di penjara itu , Dufresne mendapatkan banyak nilai-nilai kehidupan dari aktivitas para tawanan , sipir , ataupun suasana penjara itu sendiri. Ia juga berdedikasi tinggi dalam memajukan pendidikan di penjara itu. Setelah puluhan tahun dipenjara , Dufresne berhasil membangun sebuah perpustakaan untuk para tahanan.

Walaupun nampaknya Andy mengalami hal-hal baik di penjara , ia juga mendapatkan tekanan dari tahanan lain dan juga para sipir. Ia dipaksa melayani seorang tahanan gay walaupun sampai akhir dia tidak pernah menuruti permintaan tahanan itu , akibatnya ia dihajar hingga babak belur. Dufresne juga diminta melakukan pencucian uag oleh para sipir akibat kesuksesannya mengatur keuangan perpustakaan penjara. Di sini terlihat kalo yang hitam ngga selamanya hitam dan yang putih ngga selamanya putih. DI balik semua tekanan itu , Dufresne memiliki sepercik harapan yang hanya dirinya sendiri yang tahu.

Di film ini banyak sekali scene yang menurut gue menarik , dan ada beberapa scene yang bisa membuat gue ber- “ooooo” karena ternyata apa yang dilakukan Dufresne di awal-awal film akan ketahuan maksudnya di akhir cerita. Ngga ada scene yang percuma dibuat dalam film ini. Semua adegan mempunyai perannya masing-masing. hal ini membuat tiap scene menjadi semacam potongan puzzle yang akan tersususn saat cerita berakhir.

Sekali lagi gue pengen bilang , kalo film ini adalah salah satu film terbaik yang gue tonton dari segi ceritanya. Bagaimana subplot-subplot cerita memiliki penyelesaian yang bersamaan pada saat klimaks dan menurut gue hal itu membuat storyline dari film ini menjadi sangat keren. Entah bagaiamana Frank Darabont pada awalnya bisa kepikiran untuk membuat film dengan konsep seperti ini.

Untuk soal cast nya , film yang mendapatkan peringkat pertama di Top #250 nya IMDB.com ini diisi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman . Dua aktor yang menurut gue emang cocok banget untuk mengisi tokoh dalam film-film drama. Film ini menyajikan kompleksitas kehidupan di penjara yang ternyata ngga jauh beda sama kehidupan perkantoran. Selalu ada intrik dimana kebaikan berada dan pasti ada intrik ketika sudah berbicara tentang uang. Melalui film ini juga gue mendapatkan sisi emosional para tahanan , ngga seperti yang sering gue lihat di reality show – reality show di tv seperti di NGC misalnya . The Shawshank Redemption menuturkan harapan-harapan para tahanan dengan cara yang touching dan membuat tertegun. Seenggaknya dengan menonton film ini gue bis amikir bahwa gue adalah salah satu orang yang beruntung.

Yah mungkin ngga akan terbayang kalo belum nonton filmnya langsung , jadi mending segera tonton filmnya deh , selamat menonton😀

Director : Frank Darabont

Cast : Tim Robbins , Morgan Freeman , Bob Gunton , William Sadler , Clancy Brown

Release : 1994

Duration : 142 Minutes

You’ll Like If You Like : Prison Break , Wall Street

2 thoughts on “The Shawshank Redemption (1994)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s