Problem Solving 101 (Buku Simpel Untuk Orang-Orang Cerdas)

Judul : Problem Solving 101 (Buku Simpel Untuk Orang-Orang Cerdas)
Pengarang : Ken Watanabe
Genre  : Manajemen , Self Improvement , Self Help
Penerbit  : Publishing One
Tahun : 2009
Tebal : 113 Halaman
You’ll like if You Like : Blink , The Secret
Rate : 8/10

Saat liat pengarang bukunya , gue pikir buku ini adalah hasil karya Ken Watanabe yang ikut berperan sebagai Saito di film Inception yang keren itu. Pikir gue keren juga ya , jago akting dan bisa nulis juga. Tapi ternyata kekeliruan itu dengan cepat gue sadari saat gue ngebuka segel bukunya dan ngeliat foto pengarangnya. ternyata yang bersangkutan adalah seorang ex. konsultan manajemen di McKinsey & Company yang akhirnya cabut dari perusahaan tersebut dan memilih untuk kembali ke negara asalnya Jepang dan mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan , hiburan dan media di Jepang bernama Delta Studio. Secara pribadi ia berinisiatif ingin lebih memajukan lagi pendidikan di Jepang dan salah satu caranya adalah dengan membuat buku ini , dengan harapan anak-anak di Jepang membacanya dan bisa mengerti dan mengamalkan ilmu yang ada di buku ini. Pilihan hidup yang menurut gue sangat mulia dilakukan oleh Ken Watanabe ini.

Ken Watanabe , beda sama yang main di Inception itu kan?

Intinya , buku ini menjelaskan kepada kita agar mengambil langkah yang tepat dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah. Di buku ini dihadirkan tiga contoh elemen yang masing-masing menghadapi permasalahan yang berbeda. Di sini juga dijelaskan kalo secara keseluruhan ada lima tipe manusia dalam menyelesaikan masalah. Gue membaca buku ini seolah-olah bukunya lagi ngomongin gue (gr) karena menurut gue salah satu tipe manusianya cocok banget sama sifat gue. Mungkin kalo temen-temen membaca bukunya juga bakal merasakan hal yang sama.

Nah , disinilah menariknya buku ini. Di saat kamu merasa cocok dengan salah satu sifat dalam memecahkan masalah sesuai dengan yang dicontohkan , kita jadi bakal tau kekurangan dan kelebihan sifat masing-masing sehingga kita bisa mempertahankan yang baik dari sifat kita dan mencoba mengurangi yang kurang baik dari sifat kita. Buku ini juga dilengkapi gambar-gambar yang lucu dan menarik dan juga flowchart yang memudahkan kita dalam memvisualisasikan tindakan yang dilakukan oleh kelima tipe manusia pemecah masalah. Kehadiran gambar ini sebenarnya dimunculkan karena diharapkan anak-anak akan lebih mudah dalam mengerti buku ini. Tetapi buat orang dewasa, kehadiran gambarnya juga cukup menarik karena bisa menghilangkan rasa jenuh , sehingga membaca buku ini terasa berbeda dibandingkan membaca Self Helping books yang lain.

contoh dalem bukunya

Kesimpulannya buku ini okelah buat dibaca. Banyak ilmu yang bisa diambil dari buku ini dan nggabikin jenuh. Ketebalan bukunya yang ngga terlalu tebal juga bisa jadi nilai tambah buat yang ingin menaikkan level kemampuan berpikirnya tapi agak males. Menurut gue buku ini sangat sesuai dengan judulnya. Buku simpel untuk orang-orang yang cerdas. Ayo baca biar kita bisa ikutan cerdas juga😀

3 thoughts on “Problem Solving 101 (Buku Simpel Untuk Orang-Orang Cerdas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s