Source Code (2011)

9/10 What would you do , if you know you’ll die in less than 1 minute ?

Akhirnya nonton film juga , akhirnya ngereview juga. Di tengah keterbatasan film berkualitas yang tersedia di bioskop untuuk ditonton , dan juga sedikit mencuri-curi waktu di tengah minggu ujian ini , akhirnya gue memilih untuk menonton film ini. Lucu juga sempet ada yang nyangka kalo film ini adalah film horror .. hehe ..

Source code menceritakan seorang tentara yang sedang bertugas di Afghanistan bernama Colter Steevens yang ketika awal fimnya dimulai menyadari dirinya terlibat dalam situasi yang sangat aneh. Selama 8 menit dirinya berada di tempat yang tidak seharusnya dan menjadi orang lain . Keadaan menjadi sedikit jelas karena ternyata selama delapan menit itu ia tidak sedang berada dalam dunia nyata , tetapi berada dalam masa lalu yang dibangun dari ingatan-ingatan yang tersisa dari korban peledakan bom dalam sebuah kereta di Chicago , US .

Kapten Steevens diperintah oleh orang yang ia tidak kenali untuk mencari pelaku peledakan bom di kereta tersebut , karena sang pelaku mengancam akan meledakkan bom kedua di pusat kota Chicago. Dibebani untuk menyelamatkan jutaan warga kota , Kapten Steevens terus mengulang 8 menitnya di masa lalu sebagai orang lain , untuk menyelamatkan masa depan. Tapi siapa sangka , ternyata dengan delapan menitnya itu  Colter Steevens bisa memperbaiki masa lalunya sendiri dan juga jatuh hati kepada orang lain dalam waktu yang sangat singkat itu.

Source Code secara mengejutkan menurut gue menjadi salah satu film yang berharga untuk ditonton . Mungkin film ini memang kurang masuk perhitungan untuk ditonton oleh penggemar film di sini karena publikasi yang kurang dan juga minimnya bintang. Film ini ‘hanya’ berisikan Jake Gyllenhaal yang pernah bermain dalam film Donnie Darko dan juga Prince of Persia dan juga Michelle Monaghan yang pernah bermain Eagle Eye dan The Heartbreak Kid. Namun di tengah keterbatasan itu , sang sutradara Duncan Jones bisa menghadirkan film yang menarik dari segi ide cerita . Hebatnya lagi , Source Code adalah film garapan ketiga dari sutradara yang nampaknya memiliki kemampuan lebih dalam menampilkan efek-efek visual ini. Patut ditunggu karya-karya selanjutnya dari sutradara kebangsaan Inggris ini.

Hal lain yang gue suka dari film ini adalah di dalamnya memasukkan teori yang sudah ada tapi sampai saat ini belum bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata : teori relativitas. Mempermainkan waktu menurut gue adalah sesuatu yang misterius dan sekaligus menakjubkan. Bayangkan kalo sudah ada teknologi yang bisa mengaplikasikan teori yang dikemukakan Albert Einstein ini , membayangkannya aja sudah cukup mengesankan. Nampaknya gue mulai menikmati film-film science fiction mungkin karena alasan seperti ini.

Kembali ke filmnya , (lagi-lagi) di tengah keterbatasan film yang ada di bioskop saat ini , Source Code menjadi salah satu pilihan yang gue saranin kalo temen-temen pengen nonton film tapi isinya bukan pocong atau bikini-bikini . Selamat menonton , selamat ujian :]

Director : Duncan Jones

Cast : Jake Gyllenhaal , Michelle Monaghan, Vera Farmiga, Jeffrey Wright, Michael Arden

Runtime : 93 minutes

You’ll Like If You Like : The Butterfly Effect , Mr. Nobody

Release : 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s