Lock , Stock And Two Smoking Barrels (1998)

9/10 Young Britishman Kick’in Some Ass

Saat ini (dan juga dari beberapa dekade belakangan) , banyak anak muda Indonesia yang menyukai hal-hal yang berbau-bau Inggris. Musik , fashion , sampai tim sepak bola kesayangan mereka berasal dari negeri kelahiran Emma Watson ini. Nah , mungkin buat kalian yang suka band-band semacam The Smiths , Sex Pistols , Oasis atau Artic Monkeys , mungkin Lock , Stock And Two Smoking Barrels bisa menghadirkan suasana yang kalian  rasakan ketika mendengarkan band-band di atas dari perspektif yang berbeda , karena nama di atas adalah sebuah judul film , bukan sebuah band.

Lock , Stock And Two Smoking Barrels menceritakan tentang empat orang anak muda yang mempertaruhkan uangnya dalam sebuah permainan kartu , yang sialnya mereka kalah judi dan malah berhutang setengah juta poundsterling kepada si bos pemilik tempat judi. Didesak waktu untuk membayar hutang dan ancaman pemotongan jari + penyitaan bar milik salah satu orang tua mereka , keempat anak muda ini memikirkan cara instan untuk mendapatkan uang.

Titik cerah menghampiri mereka ketika mereka mengetahui bahwa tetangga rumahnya adalah sekomplotan perampok , akhirnya mereka berencana merampok perampok. Disinilah ketegangan muncul karena ternyata secara tidak langsung mereka terlibat dalam sebuah lingkaran setan yang melibatkan perampok , bandar narkoba ,  bisnis prostitusi dan senjata api. Merekapun berusaha untuk keluar dari lingkaran itu untuk bisa hidup normal seperti semula.

Suasana “Inggris” sangat kental terasa ketika menonton film ini. Mulai dari dialek mereka yang khas “British” banget , sampai sudut-sudut kota yang menggambarkan pojokan kota London zaman dulu. Hal lain yang menyenangkan dari film ini adalah bagaimana melihat Jason Statham sebagai anak muda , ngga seperti di film-film lain dimana karakternya sudah sebagai orang dewasa walaupun masih dalam genre yang sama : Action. Mungkin buat yang udha melihat film The Bank Job , peran Jason Statham kesan yang ditimbulkan di film itu mirip-mirip dengan karakter Statham di film ini , hanya saja yan itu tadi , di film ini dia masih jadi anak muda.

Guy Ritchie , sang sutradara nampaknya memang spesialis membuat film-film bergenre “British Action Movie” . Film-film yang digarapnya selain film ini adalah Revolver , RocknRolla , dan yang paling terkenal adalah The Sherlock Holmes yang dibintangi oleh Robert Downey Jr. dan Jude Law. Hanya saja dari film-filmnya yang udah gue tonton , gue melihat satu kesamaan yaitu dari segi penyajian visualnya memiliki gaya yang sama. Jadi kalo kita melihat fiolm-filmnya Guy Ritchie terus menerus , kayanya yang nonton bakal bosen dengan efek visual yang ditampilkan karena hampir semua filmnya menyajikan efek visual yang serupa.

Tapi hal itu ngga jadi masalah kalo nontonnya cuma film ini doang kok😀 , boleh deh film ini jadi pembuka hari liburan panjang tahun ini , selamat menonton , selamat liburan !

Director : Guy Ritchie

Cast : Jason Flemyng , Dexter Fletcher , Nick Moran , Jason Statham

Release : 1998

Duration : 107 Minutes

You’ll Like If You Like : Snatch , Revolver , RocknRolla

4 thoughts on “Lock , Stock And Two Smoking Barrels (1998)

  1. Pingback: Lock, Stock and Two Smoking Barrels (1998) | Film Baru Gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s