To Kill A Mocking Bird

To Kill A Mocking Bird
Writer : Harper Lee
Genre  : Drama
Penerbit  : Qanita
Publish : 1960
Tebal : 568 Halaman
You’ll like if You Like : The Kite Runner
Rate : 9/10

Kakak beradik Jem dan Scout Finch tinggal di sebuah kota kecil yang diisi oleh keluarga turun temurun sejak kota itu pertama kali berdiri. Kota tersebut adalah Maycomb County , sebuah kota kecil di negara bagian Alabama , US. Ditemani sepupu mereka , Dill setiap musim panas , kedua bocah ini melakukan banyak hal menarik walaupun sering bertentangan dengan apa yang dilarang oleh ayahnya yang seorang pengacara , Atticus Finch . Mereka sangat terobsesi untuk bertemu dengan Boo Radley , salah seorang warga kota misterius yang sangat jarang keluar dari rumahnya.

Atticus Finch , sang ayah menjadi pembela seorang kulit hitam yang menjadi tersangka pemerkosaan dan penganiayaan terhadap salah seorang keluarga Ewell. Ketika saat itu rasisme menjadi hal yang sangat sensitif dan Atticus dikecam dari masyarakat Maycomb , Scout dan Jem belajar bahwa segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan kebenaran yang mereka yakini , dan terkadang prasangka sering membawa manusia ke arah yang salah dalam menilai seseorang.

Harper Lee

Novel yang menurut gue sangat menarik walaupun settingnya adalah zaman dulu ketika Hitler masih hidup , dan letaknya adalah kota antah berantah yang mungkin orang amerika sendiri ketika novel ini pertama kali dikeluarkan , baru mencari dimana letak Maycomb County. Harper Lee memperlihatkan keadaan masyarakat melalui sudut pandang seorang anak kelas satu SD , dimana pada awalnya Scout hanya bisa menilai seseorang dari apa yang terlihat dan apa yang dia dengar sampai akhirnya ia sadar dalam menilai seseorang terkadang ia harus masuk ke sudut pandang orang ingin kita nilai terlebih dulu.

Kharisma sang ayah , Atticus dan kasih sayang sang kakak mengajarkannya bahwa butuh waktu yang tidak sebentar untuk mengenal orang lain dan butuh waktu yang lebih lama lagi untuk mengerti. Dengan tata bahasa yang sederhana dan dialog-dialog yang menawan , novel ini gue rekomendasiin dan menurut gue sejajar dengan novel The Kite Runner. Isu sosial yang diangkat sangat mengena dan ngga jauh-jauh beda dengan keadaan sekarang. Dimana keadilan ngga selalu bisa ditegakkan , dan ngga semua yang putih itu putih. Novel ini juga ternyata udah dijadiin film , jadi buat yang males buat baca , mungkin bisa menyisihan waktu dua jam buat nonton filmnya.

3 thoughts on “To Kill A Mocking Bird

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s