Amelie (2001)

8/10 Happymaker

Pertama melihat review film ini di salah satu blog membuat saya cukup tertarik untuk menontonnya , apalagi film ini juga masuk 100 besar IMDB dan poin tambahan selanjutnya adalah , saya sangat suka film yang dialognya menggunakan bahasa Perancis , semoga suatu saat saya bisa mengerti dan menguasai bahasa ini :]

Amelie , menceritakan tentang seorang gadis bernama Amelie , yang divonis memiliki jantung yang lemah padaha tidak sama sekali. Sayangnya kesalahan itu dilakukan oleh ayahnya sendiri. Ketika beranjak dewasa , Amelie yang bosan tinggal bersama ayahnya yang tidak pernah keluar rumah memutuskan untuk pergi dari rumah dan menjalani hidupnya sendiri dan menjadi seorang pelayan di salah satu kafe.

Di kehidupannya yang baru , Amelie yang kurang bisa bersosialisasi karena pada saat ia masih kecil tidak pernah diajarkan unutk itu , merasakan sesuatu yang aneh ketika ia harus berinteraksi dengan orang lain , kepribadiannya yang introvert ini membuatnya memilih untuk menghindar ketika harus berhubungan dengan orang lain. Walalupun merasa kesulitan untuk bersosialisasi , Amelie senang apabila melihat orang lain bahagia dan ia rela melakukan hal yang unik untuk melihat orang lain bahagia tanpa harus bersinggungan dengannya.

Namun hal itu menjadi sulit ketika Amelie ingin membahagiakan orang yang ia sukai . Di satu sisi ia merasa malu untuk langsung berhadapan dengan orang itu , tetapi di sisi yang lain ia ingin yang dilakukannya diketahui agar Amelie bisa bertemu dengan orang yang disukainya. Akibatnya Amelie terkadang melakukan hal yang tidak perlu dan jalan yang berputar-putar untuk mencapai tujuannya.

Ide film ini menarik , bagaimana seseorang berusaha membahagiakan orang di sekitarnya sampai terkadang ia tidak memperhatikan kebutuhan dirinya sendiri. Sang sutradara juga mengemas film ini dengan unik yang menjadi nilai tambah lagi untuk filmnya. Nuansa Paris saat senja , interior kamar para tokoh yang punya karakter dan warnanya masing-masing , sampai spot-spot unik dalam film ini mulai dari kafe , stasiun , tempat bermain seperti istana boneka , sampai toko film dewasa dikemas Jean-Pierre Jeunet dengan unik sehingga membuat yang melihat tempat-tempat itu ngga seperti biasanya (kecuali toko film dewasa yang mungkin ngga semua orang pernah lihat :p )

Apalagi yang manis dalam film ini ? Tentu saja Audrey Tatou yang memerankan Amelie , senyumnya yang lucu dan khas juga potongan rambut klasiknya menjadikan trademark film ini . Akris yang ambil bagian di film The Da Vinci Code ini memerankan karakter Amelie yang malu malu mau dengan baik . Wajahnya yang ‘funny straight’ juga membantu perannya itu . Recommended buat yang suak film romansa komedi dan tentu saja penggemar film-film Perancis🙂 . Selamat menonton !

Directed By : Jean-Pierre Jeunet

Cast : Audrey Tatou, Mathieu Kassovitz, Jamel Debbouze, Dominique Pinon, Yolande Moreau

Also Known As  : Le fabuleux destin d’Amélie Poulain

Runtime : 122 Minutes

Genre : Romance , Fantasy , Comedy

You’ll Like If You Like : Just Like Heaven , The Intention Of Lying

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s