Transformers : Dark of the Moon (2011)

6/10 Explosion in the Sky

Ledakan , efek CGI , model bikini , autobots berubah dari mobil ke robot , ulangi .

Jujur aja saya bosan menonton film ini , bosan karena pengulangan adegan-adegan di atas cuma dengan setting tempat yang berbeda. Ide cerita yang dipaksakan agar franchise ini terus berjalanpun kurang memberikan sokongan yang memadai untuk membuat film ini menarik untuk ditonton. Terlebih lagi durasi filmnya yang sangat lama , sampai sampai kalo kamu nanak nasi bisa sampai 3 kali tanakan (ga nyambung).

Tapi beruntungnya , hadir sesosok Rosie Huntington-Whiteley yang muncul ketika mood menonton autobots yang berantem udah mulai turun. Michael Bay memang jago naikin flow kalo soal beginian. Walalupun Megan Fox sudah meninggalkan proyek ini , dan sempat disindir di awal film kalo cewe yang menjadi mantan pacar Sam Witwicky itu adalah cewek yang membuangnya begitu saja , kekosongannya bisa diisi dengan level yang sama oleh Rosie (tau kan maksudnya level apaan…) .

Buat plot filmnya , film ini dimulai dari beberapa puluh tahun yang lalu ketika manusia akhirnya berhasil mendaratkan kakinya di bulan. Mereka menemukan sebuah pesawat luar angkasa yang belakangan diketahui dikendarai oleh pemimpin Cybertron yang berusaha menyelamatkan sebuah alat dari peperangan di planetnya.

Beberapa puluh tahun setelahnya , atau lebih tepatnya saat ini , hal itu diketahui oleh para autobots yang dipimpin oleh Optimus Prime yang akhirnya membawa alat teleportasi itu dari bulan beserta mantan pemimpin mereka yang terjebak di bulan. Keadaan menjadi kompleks karena ternyata ada keterlibatan manusia dalam hal ini bahkan dari waktu yang sudah lama , ketegangan klasik antara Amerika dan Russia menjadi masalah lain yang juga meramaikan film ini.

Berbeda dengan film-film Indonesia yang menumbuhkan nasionalisme penontonnya dengan menyuguhkan film dengan adegan penjajahan yang dialkukan kompeni jaman dulu , para pembuat film Amerika justru dapat mengemas film yang bisa menumbuhkan rasa nasionalisme mereka dengan film science-fiction seperti ini dengan diselipkan sedikit bumbu sejarah. Dengan cara seperti ini,  menurut gue para remaja SD-SMA yang condong malas buku sejarah yang dianggap kurang menarik bakal lebih tertarik menelusuri masa lalu bangsa mereka , walaupun pada awalnya harus diimpulsi dengan robot-robot yang entah berasal dari mana. Contoh lain film fiksi yang menurut gue sangat menumbuhkan nasionalisme pecinta film hollywood adalah The First Avenger : Captain America. 

Selain durasi yang terlalu lama dan scene-scene yang monoton , hal lain yang memperlemah film ini adalah kurang adanya cerita yang kuat . Pergantian scene to scene dan juga konflik ke konflik yang cenderung loncat-loncat juga semakin menambah film ini semakin membosankan. Kecuali kamu memang menunggu untuk melihat special effect yang disuguhkan film ini dan menontonnya dalam format 3D , kamu ngga akan kecewa karena dalam hal ini perlu diakui kalo film ini salah satu yang terbaik.

Tapi dilihat dari kualitas filmnya yang semakin mengalami penurunan sejak film pertamanya , mungkin film ini adalah film terakhir dari serial Transformer . Apalagi Michael Bay sang sutradara , dan juga Shia LaBeouf sang aktor utama sudah mengisyaratkan kalo Dark of the Moon adalah film terakhir mereka dalam serial ini. Harry Potter berakhir , Transformer juga udahan , nampaknya para penggemar film harus mencari film lain yang franchisenya bisa sampai 10 seri ato 11 seri (lama-lama film yang ditayangin di bioskop udah kaya sinetron aja).

Director : Michael Bay

Cast : Shia LaBeouf ,Rosie Huntington-Whiteley, Josh Duhamel, John Turturro, Tyrese Gibson, Patrick Dempsey

Release : 2011

Runtime : 157 Minutes

Genre : Sci-Fi , Adventure , Action

You’ll Like If You Like : Transformers series

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s