Moonrise Kingdom (2012)

Image(8/10) Honest Love

Seperti yang udah dijanjikan, review film Moonrise Kingdom, karya dari Wes Anderson yang juga membuat The Darjeeling Limited, The Royal Tenenbaums, The Life Aquatic dan film animasi Fantastic Mr. Fox.

The Story?
Moonrise Kingdom menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang hidup pada tahun 60an di sebuah daerah di New England, US, dan sedang mengikuti kegiatan berkemah (karena dia adalah seorang pramuka) tapi kemudian ia kabur dari area perkemahan dan membuat heboh anggota kemah yang lain. Di belahan New England yang lain, ada juga seorang anak perempuan yang kabur dari rumahnya dan membuat geger seisi rumah. Ternyata kedua anak tersebut berencana untuk kabur dan melakukan perjalanan bersama sesuai dengan rencana yang telah mereka susun melalui surat menyurat.

Image

Moonrise Kingdom, karena film ini adalah buatan Wes Anderson, maka film ini sangat terasa Wes Anderson-nya. Mood film, karakter, jalan cerita, dan setting filmnya sangat Wes Anderson sekali. Buat yang belum pernah nonton film Wes Anderson sebelumnya mungkin sulit untuk membayangkannya, tapi buat yang udah pernah, mungkin anda mengerti yang saya maksud. Menurut pengamatan saya, Wes Anderson itu..mungkin kalo anak-anak zaman sekarang bakal bilang kalo dia adalah sutradara yang gemar membuat karakter dan setting film yang…hipster. Di film ini, bisa dilihat dari karakter Suzy, seorang anak perempuan yang mungkin kalo sekolah di Indonesia belum lulus SMP ini memenuhi syarat untuk disebut hipster, dan buat yang udah nonton The Royal Tenenbaums, kalo kamu sedikit memperhatikan, Suzy ini mirip Margot tapi dalam versi yang jauh lebih muda.

Why i should watch this movie?
Jalan cerita filmnya unik, dan ngga ngikutin stereotype film-film Hollywood yang predictable. Film ini menyenangkan untuk diikuti, dan yang paling membuat saya bertahan untuk nonton film ini adalah dialognya, bener-bener realistis. Mungkin, ada dialog gombal-gombalnya anak kecil dan sebagainya, tapi maksud saya, di film ini ngga ada kalimat-kalimat klise seperti yang suka diucapkan karakter jagoan film action Hollywood setiap mau membasmi penjahat, menurut saya dialog di film ini natural dan tepat untuk diucapkan oleh karakternya.

Image

Dan dari cast-nya, muncul Bill Murray yang udah jadi langganan film-film Wes Anderson, dan yang menarik adalah adanya Edward Norton dan Bruce Willis yang mungkin berpikir akan menyenangkan kalo keluar jalur sebentar dari film-film semacam Die Hard.

Dan tentu saja karena sebenarnya ini adalah cerita cinta anak-anak, karakter anak-anaklah yang berpengaruh banyak buat filmnya. Ngga ada yang lebih menyenangkan selain jatuh cinta pada saat masih ingusan kan? So young, so fall in love..

Image

Directed By : Wes Anderson
Cast :  Bill Murray, Bruce Willis, Edward Norton, Jared Gilman, Kara Hayward
Runtime : 94 Minutes
Genre : Drama, Comedy

You’ll Like If You Like : The Royal Tenenbaums, Fantastic Mr. Fox

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s