Brief Movie Review (270611)

Banyak film yang ditonton tapi ngga sempet-sempet buat di review , jadi daripada numpuk lebih banyak lagi , gue buat review singkat , semoga berkenan dan bermanfaat :]

1. Machete (2011)

Directed By : Ethan Maniquis & Robert Rodriguez

Cast : Dany Trejo , Jessica Alba , Lindsay Lohan , Robert De Niro , Michelle Rodriguez , Steven Seagal

Runtime : 105 Minutes

Genre : Action , Thriller

You’ll Like If You Like : Kill Bill

Rate : 7/10

Machete Cortez (Danny Trejo)  adalah seorang polisi Meksiko yang dijebak oleh atasannya yang bekerja sama dengan bandar narkoba Rogellio Torrez (Stevem Seagal) yang mengakibatkan dibunuhnya istri dan anaknya. Beberapa tahun setelahnya , ia tinggal di Amerika karena Meksiko bukan negara yang aman lagi untuk dirinya. Keadaan menjadi sulit karena ia terlibat konspirasi percobaan pembunuhan terhadap salah seorang senator dan menjadikannya buronan. Bersama mexican lainnya , ia berusaha menegakkan kebenaran dan membunuh semua yang pantas dibunuh.

Sejauh yang gue tau , film ini adalah film pertama Danny Trejo sebagai pemeran utama dan dia melakukkannya dengan baik seseuai dengan perannya. Latar belakang sebagai sorang penjahat nampaknya sangat membantu Danny Trejo dalam perannnya kali ini. Sidekicknya pun ngga sembarangan , yaitu wanita-wanita cantik seperti Jessica Alba dan Michelle Rodriguez. Apalagi di film ini ia berhasil membunuh Steven Seagal yang ngga pernah mati ketika menjadi pembela kebenaran di film-film sebelumnya. Buat yang doyan gaya bunuh-bunuhan yang disajikan di Kill Bill , film buatan  Ethan Maniquis dan Robert Rodriguez ini wajib buat ditonton.

2. Takers (2010)

Directed By : John Luessenhop

Cast : Chris Brown , Hayden Christensen , Matt Dilon, Michael Ealy, T.I. , Jay Hernandez, Paul Walker

Runtime : 107 Minutes

Genre : Action

You’ll Like If You Like : Town , The Bank Job

Rate : 6/10

Sebuah kelompok perampok bank didatangi mantan anggotanya (Ghost) yang tertangkap dalam aksi mereka beberapa tahun silam. Ghost datang kembali dan membawa suatu misi baru yang berpotensi memberikan kelompok tersebut uang yang sangat melimpah. Dihinggapi prasangka balas dendam dari Ghost , kelompok ini tetap menjalankan misi ini dan berhasil menggondol semua uang. Namun hal semain bermasalah karena ternyata ada dua orang detektif yang mengikuti mereka dan keterlibatan mafia Rusia yang dibawa oleh Ghost.

Lihatlah cast nya yang mentereng , mulai dari Hayden Christensen yang terlibat dalam Star wars IV , V , VI dan Jumper , Michael Ealy (Seven Pounds , 2 Fast 2 Furious) , T.I (The Hangover , American Gangster) yang menurut gue perannya disini punya kharisma tersendiri walaupun sebagai ‘bad guy’ nya , dan juga muncul Chris Brown , penyanyi yang ternyata selain bisa menari , gerakan akrobatiknya dalam film ini ketika dikejar polisi cukup oke. Mungkin yang menjadi cela dari film ini adalah jalan ceritanya yang mudah ditebak dan juga endingnya yang menggantung , yang membuat ngga jelas inti ceritanya. Tapi buat cewe-cewe yang demen liat sekelompok bad boy , mungkin ini salah satu film yang harus kamu tonton.

3. Hotel Rwanda (2004)

Directed By : Terry George

Cast : Don Cheadle , Desmond Dube, Hakeem Kae-Kazim, Nick Nolte, Sophie Okonedo, Antonio David Lyons

Runtime : 121 Minutes

Genre : Drama, Biography, History

Rate : 9/10

Pada tahun 1994 , terjadi perang saudara antara Tutsi dan Hutu di Rwanda dimana di dalamnya juga terlibat malah politik dan juga korupsi yang dilakukan oleh petinggi-petinggi negaranya. Paul Rusesabagina , seorang manager hotel yang merupakan seorang Hutu melakukan tindakan yang dianggap mengkhianati kelompoknya sendiri dengan melindungi ‘kecoa-kecoa’ Tutsi di hotel tempat ia bekerja. Perjalanan menjadi sulit ketika semakin lama , teman-teman yang melindunginya lambat laun meninggalkannya , mulai dari Jendral setempat , pemilik hotel , para wartawan , sampai seorang kolonel UN pun tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkannya. Paul dan istrinyapun berusaha sendirian menyelamatkan sebanyak mungkin Tutsi yang mereka bisa selamatkan.

Peristiwa sejarah merupakan salah satuu hal yang menarik untuk ditonton , apalagi jika itu merupakan hal yang sudah pernah kita dengar sehingga bisa memberikan deskripsi bagaimana kejadian itu sebenarnya. Alih-alih membicarakan soal rasisme yang sering dihadapi oleh orang kulit hitam , ternyata mereka juga memiliki konflik internal sendiri yang masalahnya lebih besar. Film yang mendapatkan 3 nominasi oscar ini memberikan banyak nilai-nilai luhur yang bisa kita ambil. Melindungi sesama adalah hal yang terpenting yang ditunjukan film ini. Sekecil apapun kita , dan dalam hal ini seorang Paul adalah seorang manajer hotel , ia berusaha berbuat besar dengan melindungi orang-orang yang bahkan bukan kelompoknya.

4. The Replacement (2000)

Directed By : Howard Deutch

Cast : Keanu Reeves, Gene Hackman, Brooke Langton, Orlando Jones, Faizon Love, Rhys Ifans

Runtime : 118 Minutes

Genre : Drama , Comedy

You’ll Like If You Like : Air Bud , Remember The Titans

Rate : 5/10

The Replacement menceritakan sebuah klub rugby yang ditinggalkan pemainnya karena gaji yang tidak kunjung dibayar. Akhirnya klub itu merekrut amatiran yang diantaranya bekerja sebagai polisi , penjudi , pencopet , dan ada juga satu orang mantan pemain rugby yang akhirnya bermain lagi. Pemain amatiran itu sama sekali ngga punya basic rugby tetapi mereka masing-masing memiliki satu keahlian , jago catching , running , kicking , dan satu quarterback yang diperankan oleh Keanu Reeves yang trauma terhadap blitz (serangan mendadak lawan untuk mentackle saat permainan baru dimulai) karena pertandingan beberapa tahun silam. Dibawah arahan pelatih kharismatik Jimmy McGinty , para pemain pengganti ini malah berhasil membawa klub sukses dan memasuki babak play off untuk pertama kalinya.

Datang , main , menang . Film-film hollywood selalu menyajikan hal seperti itu ketika tema film yang diangkat adalah olahraga . Lihat saja di Air Bud , Goal dan film film sebangsanya. Hal itulah yang membuat film ini kurang rame , semuanya terbaca. Bukan film yang disarankan ditonton buat yang suka film berisi intrik. Sangat disayangkan Keanu Reeves bermain film ini. Minimnya bintang juga membuat film ini menjadi kurang greget , mungkin nama yang bisa di kedepankan adalah Rhys Ifans yang pernah bermain dalam Mr. Nobody dan tahun depan akan menjadi Lizard , musuh Spiderman versi reboot yang sedang dibuat. Nothing become something , itulah isi dari film ini.

5. Due Date (2010)

Directed By : Todd Phillips

Cast : Robert Downey Jr. , Zach Galifianakis, Michelle Monaghan, Jamie Foxx, Juliette Lewis

Runtime : 95 Minutes

Genre : Comedy, Drama

You’ll Like If You Like :  Roll Model , Sponge Bob Square Pants :]

Rate : 7/10

Peter Highman , seorang pengusaha kaya berencana pulang ke Los Angeles untuk menemani istrinya melahirkan menggunakan pesawat. Sialnya ia bertemu dengan Ethan Chase , seorang komedian keliling yang berencana ke hollywood untuk menjadi artis yang menyelipkan ganja ke dalam kopernya. Akibatnya Peter dan Ethan diblacklist tidak boleh menggunakan pesawat. Dengan terpaksa karena kehilangan semua uang di dompetnya , Peter menumpang mobil Ethan yang polos tapi sialnya sangat menyebalkan (bayangkan Ethan adalah Spongebob dan Peter adalah Squidward) selama 5 hari untuk sampai ke L.A. Di perjalanan mereka melalui hal-hal yang menegangkan , membeli ganja , masuk ke perbatasan US-Mexico tanpa ID , dan sempat jugatidak sengaja meminum abu ayah Ethan sendiri.

Yah , mau bagaimana lagi , Zach Galifianakis memang sangat menyebalkan dalam film ini , bayangkan seorang nerd polos yang berusaha melucu tapi ga lucu dan sialnya dia yang punya kendali saat itu. Di film ini juga ada Robert Downey Jr. yang gayanya menurut gue memang terus begitu apapun filmnya , Iron Man , Sherlock , ekspresi yang sama dengan dialog yang berbeda. Film yang cukup menghibur dan cocok ditonton bareng0bareng sama temen-temen. Nah loh mumupung liburan kan?

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s